5 Cara Mencegah Kolesterol Jahat, Cepat dan Tanpa Obat

Selasa, 21 Desember 2021 - 12:29 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Kolesterol Jahat, Cepat dan Tanpa Obat
Cara mencegah kolesterol jahat bisa dilakukan dengan gaya hidup pada diet sehat dan olahraga. Ketika kolesterol terlalu tinggi, risiko penyakit meningkat. Foto/ Westmed Family Healthcare.
A A A
JAKARTA - Cara mencegah kolesterol jahat bisa dilakukan dengan gaya hidup yang berfokus pada diet jantung sehat dan olahraga. Ketika kadar kolesterol Anda terlalu tinggi, risiko penyakit jantung dan komplikasi lainnya meningkat.

Itu karena kolesterol bergabung dengan zat lain dalam darah dan menumpuk di dinding arteri. Penumpukan ini dapat mempersempit dan menyumbat arteri, mengurangi aliran darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke .

Kabar baiknya adalah bahwa perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu Anda menjaga kadar kolesterol yang sehat dan bahkan mencegah kolesterol jahat. Berikut cara mencegah kolesterol jahat dilansir dari Everyday Health, Selasa (21/12/2021).


1. Pola Makan

Untuk kolesterol tetap sehat, pastikan diet Anda mengandung serat larut, lemak yang menyehatkan jantung, gandum utuh, unggas tanpa kulit dan daging tanpa lemak, ikan berlemak dan minyak kelapa. Penting juga untuk menghindari makanan gorengan, krimer susu, lemak padat, makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi sebagian dalam daftar bahan.

Daging merah dan daging lain yang mengandung lemak yang terlihat, jeroan, produk susu penuh lemak, termasuk susu murni, krim, es krim, mentega, dan keju, makanan panggang yang dibuat dengan lemak jenuh atau lemak trans, seperti donat, kue, dan kue kering.

2. Olahraga

Olahraga teratur dapat mencegah kadar kolesterol melonjak. Untuk pencegahan dan pengobatan kolesterol tinggi, American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu. Ini bisa seperti berenang, jalan cepat, jogging, dan bersepeda. Mereka juga mencatat bahwa menambahkan latihan berbasis kekuatan atau beban beberapa hari dalam seminggu memberikan manfaat kesehatan tambahan.


3. Berhenti Merokok

Meskipun kebiasaan itu sulit untuk dihilangkan, berhenti merokok dapat membantu mencegah kolesterol tinggi. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Merokok cenderung menurunkan kolesterol baik, dan dapat merusak pembuluh darah, sehingga memudahkan kelebihan kolesterol untuk membentuk plak dan berkontribusi pada penyakit jantung. Dalam jangka panjang, ini meningkatkan risiko kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi, faktor risiko kardiovaskular lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)