4 Penyebab Kolesterol Sulit Turun, Nomor Terakhir Tak Disangka

Selasa, 21 Desember 2021 - 15:13 WIB
loading...
4 Penyebab Kolesterol Sulit Turun, Nomor Terakhir Tak Disangka
Penyebab kolesterol sulit turun bisa dipicu karena beberapa hal. Salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang sembarangan. Foto/Search Engine Journal.
A A A
JAKARTA - Penyebab kolesterol sulit turun bisa dipicu karena beberapa hal. Salah satunya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang sembarangan.

Dilansir dari Everyday Health, Selasa (21/12/2021), sebagian orang berpikir dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tanpa membutuhkan obat. Meski demikian, terkadang hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Ahli Jantung dan Direktur Terapi Digital di Smidt Heart Institute di Cedars-Sinai di Los Angeles dr. Raj Khandwalla, MD, menjelaskan bahwa menurunkan kolesterol tidak hanya berdasarkan dari pola makan namun juga kebiasaan berolahraga.


“Ada sejumlah perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan, dan itu termasuk dalam kategori diet dan olahraga,” jelas dr. Khandwalla.

Selain hal tersebut, ada beberapa penyebab lainnya yang memicu kolesterol sulit turun. Berikut ulasannya.

1. Kurang Olahraga

Sedikit atau tidak ada olahraga dalam kehidupan sehari-hari dapat menurunkan kolesterol baik yang dapat mempersulit tubuh untuk membersihkan kolesterol jahat di arteri. Olahraga tingkat sedang hingga intens dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi ukuran partikel kolesterol jahat, sehingga tidak terlalu berbahaya.


2. Merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah dan menurunkan kolesterol baik, yang pada tingkat normal melindungi terhadap penyakit jantung, terutama pada wanita. Tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa merokok meningkatkan kolesterol jahat, tetapi hal itu menciptakan lingkungan arteri yang mendorong penumpukan plak lemak.

3. Kegemukan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)