Kiper Tornado FC Taufik Ramsyah Meninggal Dunia, Kenali Bahaya Cedera Kepala

Rabu, 22 Desember 2021 - 11:16 WIB
loading...
Kiper Tornado FC Taufik Ramsyah Meninggal Dunia, Kenali Bahaya Cedera Kepala
Kiper Tornado FC Taufik Ramsyah meninggal dunia setelah mengalami cedera kepala usai berbenturan dengan pemain lain. Ini terjadi saat melawan Wahana FC. Foto/Instagram @tornadofcpekanbaru.
A A A
JAKARTA - Kiper Tornado FC Taufik Ramsyah meninggal dunia setelah mengalami cedera kepala usai berbenturan dengan pemain lain. Ini terjadi saat pertandingan melawan Wahana FC di Stadion Universitas Riau pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Pada laga Liga 3 2021-2021 itu merupakan pertandingan lanjutan babak enam besar Liga 3 zona Riau. Akibat kejadian ini, Taufik sempat kritis di rumah sakit akibat cedera parah yang dialaminya.

Pemain berusia 20 tahun tersebut meninggal dunia pada Selasa 21 Desember 2021. Dilansir dari Healthline, Rabu (23/12/2021), cedera kepala bukan hal yang dapat dianggap remeh.

Cedera tersebut bisa berdampak besar, bahkan menyebabkan kematian. Berikut beberapa jenis cedera kepala yang kerap dialami manusia.


1. Hematoma

Hematoma adalah kumpulan, atau pembekuan darah di luar pembuluh darah. Kondisi ini bisa sangat serius jika hematoma terjadi di otak. Pembekuan dapat menyebabkan tekanan menumpuk di dalam tengkorak. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran yang mengakibatkan kerusakan otak permanen.

2. Pendarahan

Pendarahan pada ruang di sekitar otak kerap disebut sebagai pendarahan subarachnoid. Selain itu ada pendarahan di dalam jaringan otak atau lebih dikenal dengan pendarahan intraserebral. Pada pendarahan subarachnoid sering menyebabkan sakit kepala dan muntah.

Tingkat keparahan pendarahan intraserebral tergantung pada seberapa banyak pendarahan yang terjadi. Tetapi seiring waktu, berapa pun jumlah darah dapat menyebabkan penumpukan tekanan.

3. Gegar Otak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)