10 Kuliner Bogor Legendaris yang Wajib Dicoba, Nomor 8 Sering Dijadikan Oleh-oleh

Kamis, 23 Desember 2021 - 11:58 WIB
loading...
10 Kuliner Bogor Legendaris yang Wajib Dicoba, Nomor 8 Sering Dijadikan Oleh-oleh
Kuliner Bogor legendaris yang wajib dicoba, khususnya saat berkunjung ke daerah berjuluk kota hujan ini sebetulnya banyak pilihan. Diantaranya Asinan Asli Bogor di Jalan Juanda, Bogor Tengah, Kota Bogor. Foto/Instagram @akuyanet
A A A
BOGOR - Kuliner Bogor legendaris yang wajib dicoba, khususnya saat berkunjung ke daerah berjuluk kota hujan ini sebetulnya banyak pilihan. Namun hanya beberapa yang dianggap paling fenomenal dan kerap dijadikan oleh-oleh.

Bogor sebagai wilayah yang memiliki panorama alam sudah menjadi destinasi wisata favorit bagi warga ibukota. Selain karena cuaca yang sejuk, juga karena banyak pilihan kuliner.

Sehingga tak jarang, sejumlah tempat wisata kuliner di kota maupun kabupaten Bogor saat akhir pekan dipadati wisatawan. Dari sekian banyak tempat kuliner modern, masih ada beberapa kuliner Bogor legendaris yang mungkin wajib dicoba dan layak dijadikan oleh-oleh.



Berikut daftar 10 kuliner Bogor legendaris yang wajib dicoba sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Soto Bogor Pak Salam (sejak 1980)
Meski hanya berupa tenda pinggir jalan, namun jangan tanya antrean orang-orang yang ingin makan soto kuning khas Bogor yang legendaris ini.

Orang biasanya sudah mulai antre sejak siang hari untuk mencicipi soto Bogor Pak Salam ini. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Anda bisa memilih sendiri jenis daging yang diinginkan; ada kikil sapi, limpa, paru, usus dan babat. Pelengkapnya pun ada banyak, seperti perkedel kentang yang juara, sate kentang dan sate jengkol.



2. Cungkring Pak Jumat (sejak 1975)
Makanan tradisional khas Bogor yang hampir ‘punah’ ini juga wajib dicicipi lho! Dalam bahasa Sunda, cungkring adalah kikil sapi.

Makanan ini terdiri dari kikil (ada juga kulit, urat sapi) yang dimasak bumbu kuning, kemudian dicampur lontong, tempe goreng dan rempeyek lalu disiram bumbu kacang mirip sate. Yummy!

3. Martabak Encek, Suryakencana (sejak 1975)
Martabak yang baru buka di jam 2 siang ini selalu ramai pembeli yang sudah antre bahkan sebelum si kakek membuka gerobaknya.

Yang istimewa, martabak ini masih menggunakan arang untuk proses memasaknya sehingga citarasa yang dihasilkan beda dengan martabak pada umumnya.

Adapun soal pilihan rasa banyak jenisnya, mulai dari martabak cokelat, kacang dan juga keju. Oh ya, jika niat mencicipi martabak ini, harus rela mengambil nomor dan mengantre terlebih dahulu.



4. Sop Buah Pak Ewok (sejak 80-an)
Kuliner legendaris yang satu ini sekarang memiliki dua cabang, yaitu di samping IPB Botani dan Jalan Haur Jaya. Anda bebas pilih mau melipir ke cabang yang mana karena sama enaknya. Perpaduan aneka buah segar dengan susu akan memanjakan lidah Anda. Sop duriannya paling juara.

5. Lumpia Basah Suryakencana (sejak 1972)
Menyusuri Jalan Suryakencana siap-siap disambut aroma lumpia basah yang tengah dimasak. Aromanya begitu menggoda dan menggugah selera! Lumpia basah khas Gang Aut Bogor ini isinya sederhana; bengkoang, tahu goreng, tauge dan telur.

Tapi urusan rasa, jempolan deh! Harus sabar mengantri ya jika ingin mencicipi lumpia basah ini. Namun jangan khawatir, si bapak bisa membuat hingga 5 porsi sekaligus dalam sekali masak.

6. Soto Kuning Pak Yusuf (sejak 1977)
Ke Bogor pasti ingat dengan soto kuning, ya kan? Nah manjakan lidah Anda dengan cita rasa soto kuning otentik di Soto Kuning Pak Yusuf yang ada di Gang Aut.

Jangan sampai gentar melihat antrean panjang orang-orang yang ingin makan di sini, ya! Maklum, soto kuning disini kuahnya begitu gurih dan lezat dan pilihan dagingnya juga melimpah. Walaupun tampilan luarnya sederhana seperti warung kaki lima, namun rasanya gak perlu ditanya!

7. Ngo Hiang Asli Gang Aut – non halal
Suka chinese food? Anda bisa cobain makanan yang satu ini. Ngo hiang sekilas mirip dengan batagor, namun menggunakan daging babi cincang yang dibungkus tepung kanji.

Ngo hiang ini kemudian digoreng sampai garing, lalu dipotong-potong dan disajikan dengan saus kental, acar lobak dan kentang sebagai pelengkap. Ke Bogor belum afdol deh kalau belum mencoba sajian yang satu ini!

8. Toko Asinan Asli Bogor (Sejak 1967)
Ada banyak penjual asinan yang terkenal di Bogor. Namun kalau ingin mencoba salah satu pelopornya, maka Toko Asinan “Asli Bogor” ini adalah tempatnya.

Toko yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini menjual asinan dengan berbagai macam buah yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Apalagi dinikmati saat cuaca sedang terik-teriknya. Pedes-pedes nikmat.

9. Es Bir Kotjok Si Abah (sejak 1965)
Meski namanya bir, namun minuman ini 100% halal dan bisa dinikmati siapa saja. Es bir kocok ini terbuat dari jahe, kayu manis dan gula aren yang dikocok dan ditambah es.

Segar dan enak! Cocok banget untuk meredakan dahaga setelah seharian berpanas-panasan di Bogor.

10. Toge Goreng Hj. Omah (sejak 1970)
Dikenal sebagai toge goreng legendaris di Bogor. Ya, toge goreng Hajah Omah menyajikan menu toge goreng yang menggoyang lidah.

Makanan khas Bogor ini terbuat dari taoge rebus yang dicampur mie dan kuah yang terbuat dari oncom merah, tauco dan kecap manis. Rasa gurih manis toge goreng ini tidak perlu diragukan lagi deh, apalagi jika dinikmati dengan kerupuk mie!
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)