Benarkah Sering Mengantuk Pertanda Diabetes? Yuk, Kita Cek Faktanya

Kamis, 23 Desember 2021 - 15:48 WIB
loading...
Benarkah Sering Mengantuk Pertanda Diabetes? Yuk, Kita Cek Faktanya
Banyak informasi menyebutkan bahwa salah satu pertanda diabetes mellitus adalah sering datangnya rasa kantuk. / Foto: ilustrasi/bottomlineinc
A A A
JAKARTA - Sering merasa mengantuk di pagi hari? Anda harus berhati-hati. Pasalnya, banyak informasi yang menyebutkan bahwa salah satu pertanda diabetes mellitus adalah sering datangnya rasa kantuk.

Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda bahwa gula darah sedang tinggi atau meningkat. Akan tetapi, hubungan antara diabetes dan mengantuk bukan sekadar gula darah yang tinggi .

Mudah mengantuk merupakan salah satu gejala penyakit diabetes mellitus (DM). Gejala mudah mengantuk akibat diabetes berbeda dengan mengantuk biasa yang juga bisa dialami orang normal.

Baca juga: Data Varian Omicron Belum Cukup, WHO Masih Bingung Tentukan Tingkat Keparahan

Biasanya orang normal merasakan kantuk atau mudah tertidur ketika sudah dekat dengan kasur dan bantal. Namun, rasa kantuk pada penderita diabetes bisa timbul meski mereka sedang melakukan aktivitas.

Tetapi tidak semua rasa kantuk disebabkan diabetes. Banyak penyebab lain yang berhubungan dengan keluhan mengantuk dan lemas, seperti tekanan darah rendah dan anemia.

Lantas, bagaimana ciri mengantuk karena diabetes? Seperti dikutip dari KlikDokter. Selain mengantuk, penderita diabetes dapat memiliki berbagai tanda berikut.

1. Adanya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

2. Adanya riwayat diabetes keluarga.

3. Disertai gejala seperti mudah lapar, cepat haus, dan sering buang air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)