Diabetes Tipe 2, Minuman Ini Bisa Turunkan Gula Darah dalam 60 Menit

Minggu, 26 Desember 2021 - 16:35 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Minuman Ini Bisa Turunkan Gula Darah dalam 60 Menit
Teh hitam berkhasiat menurunkan gula darah dalam waktu 60 menit. Foto/Web MD
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes adalah kondisi d imana kadar gula terus tinggi. Seseorang dengan Diabetes tipe 2 berarti produksi insulinnya terhambat. Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah - jenis gula utama yang ditemukan dalam darah. Tanpa suplai insulin yang cukup, kadar gula darah meningkat dalam tubuh dan ini dapat menyebabkan sejumlah masalah.

Untungnya Anda dapat mengendalikannya dengan cepat dengan mengubah pola makan Anda. Minum teh hitam dapat menyebabkan penurunan gula darah dalam waktu 60 menit setelah dikonsumsi, menurut sebuah penelitian.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa teh hitam secara signifikan mengurangi kenaikan kadar glukosa (gula) darah di antara orang dewasa yang sehat dan prediabetes.


Untuk menguji efeknya, partisipan mengonsumsi minuman manis terlebih dahulu. Dua puluh empat subjek, pria dan wanita berusia 20-60 tahun, normal dan pra-diabetes, secara acak menelan minuman manis dengan dosis rendah, minuman teh hitam dosis tinggi atau minuman plasebo.

Sampel darah dikumpulkan di awal, kemudian pada 30, 60, 90, dan 120 menit dari konsumsi awal untuk mengukur kadar glukosa darah dan insulin.

Minuman yang mengandung teh hitam dosis rendah atau tinggi "secara signifikan" mengurangi glukosa darah dibandingkan dengan plasebo, tulis para peneliti. Efek ini diamati dalam waktu 60 menit setelah konsumsi.

“Konsumsi teh hitam dapat menurunkan glukosa darah postprandial setelah asupan sukrosa,” ungkap para peneliti seperti dilansir laman www.express.co.uk.



Salah satu tip paling efektif untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali adalah dengan memilih makanan dengan indeks glikemik (IG) yang rendah.Semakin tinggi IG maka semakin semakin berisiko meningkatkan kadar gula darah.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)