Cara Mencegah Demensia atau Pikun Karena Alzheimer

Minggu, 26 Desember 2021 - 17:40 WIB
loading...
Cara Mencegah Demensia atau Pikun Karena Alzheimer
podcast Kata Dokter akan membahas cara mencegah demensia karena alzheimer. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Halo semua, merapat yuk! Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus balik lagi untuk memberikan banyak tips dan info seputar kesehatan. Pada episode kali ini, dr. Nadia bakal membahas Gangguan Ingatan Demensia dan cara mencegahnya! Kira - Kira penasaran gak itu apa? Yuk langsung dengerin di RCTI+.

Demensia merupakan gangguan yang terjadi pada otak yang menyebabkan orang tersebut tidak memiliki ingatan yang baik,hampir serupa dengan Amnesia karena Amnesia memiliki banyak jenis salah satunya adalah Demensia. Demesia biasanya berhubungan dengan Alzheimer, banyak faktor penyebabnya selain karena faktor usia, seperti penyakit bawaan yang berat Stroke,darah tinggi dan lainnya.

Mengapa demensia dapat terjadi,Otak kita memiliki miliaran saraf dan pada orang penderita demensia terdapat penumpukan saraf abnormal yang menghambat jalannya sinyal yang berjalan karena saraf saling memberi sinyal untuk terhubung. Karena terdapat penghalang akhirnya sinyal tersebut tidak dapat terhubung yang menyebabkan sel saraf akhirnya rusak, karena rusak sinyal - sinyal ini tidak dapat berfungsi dan tidak dapat mengirimkan Informasi.


Penurunan inilah yang menyebabkan memori orang dimasa lampau hilang karena penyumbatan oleh sel abnormal tadi.Hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan hidup sehat dengan baik dan benar, karena tidak ada yang mau masa tuanya melupakan banyak hal sehingga tidak ada yang dapat diceritakan kepada anak cucu nantinya.

Mulai dari sekarang memakan makanan yang sehat bernutrisi,berolahraga, menghindari zat-zat yang berbahaya seperti rokok dan Alkohol. Terus melakukan hobi juga dapat mempertahankan daya ingat sehingga otak kita terus diasah dan digunakan untuk berpikir.

Penasaran bagaimana kelanjutan penjelasan dr. Nadia? Yuk dengarkan selengkapnya di Podcast Kata Dokter hanya di RCTI+ .

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)