Sering Lupa? Perlu Waspada, Mungkin Anda Alami Demensia Alzheimer

Jum'at, 24 September 2021 - 16:25 WIB
loading...
Sering Lupa? Perlu Waspada, Mungkin Anda Alami Demensia Alzheimer
Sering Lupa? Perlu Waspada, Mungkin Anda Alami Demensia Alzheimer. Foto/Ilustrasi/A Place For Mom
A A A
JAKARTA - Alzheimer sendiri merupakan gangguan penurunan fungsi otak yang memengaruhi daya ingat, emosi, perilaku, dan fungsi otak lainnya seperti pengambilan keputusan dan komunikasi. Menurut catatan Alzheimer Indonesia, 1 dari 10 orang yang berusia di atas 65 tahun mengidap Alzheimer.

Ada 10 gejala umum Alzheimer diantaranya gangguan daya ingat, sulit fokus, sulit melakukan kegiatan sehari-hari, disorientasi waktu dan tempat, susah memahami visuospasial, pun gangguan berkomunikasi.

Orang dengan Alzheimer juga menaruh barang tidak pada tempatnya, salah membuat keputusan, kebanyakan menarik diri dari pergaulan, serta perubahan perilaku dan kepribadian.

William Buntoro salah seorang penderita Demensia Alzheimer berusia 72 tahun itu mengaku awal-awal gejala yang dialami adalah mudah sekali lupa, termasuk lupa waktu dan hari.



"Kadang saya lupa menaruh barang atau juga lupa hari. Jadi, ya, kadang yang membantu saya untuk mengenali hari dan waktu adalah jam tangan saya ini," terangnya di webinar 'Kenali Demensia Alzheimer, Pentingnya Deteksi Dini', Jumat (24/9/2021).

Bahkan, William bercerita kalau dirinya sempat lupa arah pulang saat mengunjungi rumah anaknya di Pekanbaru, Riau. Momen itu terjadi saat dirinya iseng setelah Maghrib berkeliling keluar rumah sang anak.

Karena lokasi rumah sang anak dekat dengan pertokoan, dia pun coba berkeliling melihat-lihat. Namun, saking fokusnya dengan menjelajahi tempat, saat sadar dirinya tidak tahu sudah ada di mana dan alhasil tidak tahu jalan pulang.

"Untungnya saya bawa hp, jadi bisa langsung telepon anak untuk jemput saya. Padahal, kalau dilihat lagi, jalan arah pulang tinggal lurus doang," ceritanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3215 seconds (0.1#10.140)