Lesti Kejora Melahirkan Anak Pertama Secara Caesar Cito, Ini Penjelasannya

Selasa, 28 Desember 2021 - 11:30 WIB
loading...
Lesti Kejora Melahirkan Anak Pertama Secara Caesar Cito, Ini Penjelasannya
Lesti Kejora baru saja melahirkan anak pertamanya secara caesar cito pada Minggu, 26 Desember 2021 kemarin. Kabar tersebut disampaikan sang suami, Rizky Billar melalui akun Instagramnya. Foto/YouTube Leslar Entertainment
A A A
JAKARTA - Lesti Kejora baru saja melahirkan buah hati pertamanya melalui operasi caesar cito pada Minggu, 26 Desember 2021 kemarin. Kabar tersebut bahkan telah diungkapkan langsung oleh suaminya, Rizky Billar , melalui akun Instagram pribadinya.

Sebelum membenarkan bahwa istrinya telah melahirkan, pasangan bahagia ini diketahui sudah sempat mengunggah sebuah video saat mereka tengah mengobrol dengan salah satu dokter di rumah sakit.

Dalam video tersebut, dr. Puspa selaku PIC dari rumah sakit mengatakan bahwa Lesti harus menjalani sectio caesarea cito atau operasi caesar cito pada Minggu, 26 Desember 2021.

"Sesuai instruksi dokter Nana Agustina, diterminasi atau kita lakukan sectio caesarea cito malam ini juga," tegas dr. Puspa dalam vlog di akun YouTube Leslar Entertainment.



Lantas, apa yang disebut operasi caesar cito?

Dikutip dari Pregnancy Birth and Baby, operasi caesar cito adalah sebuah tindakan bedah sesar yang sebelumnya tidak diprediksi akan terjadi dan bersifat darurat. Cito sendiri berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti urgent atau mendesak.

Biasanya operasi caesar cito harus dilakukan lantaran muncul beberapa kasus seperti gawat janin, mengandung lebih dari satu bayi, kegagalan kemajuan dalam persalinan, permasalahan plasenta, tali pusat, ketuban pecah terlalu dini, preeklamsia, hingga bayi yang dilahirkan memiliki bobot terlalu besar dan sulit untuk masuk ke panggul ibu.

Dokter kandungan juga memiliki pedoman untuk mengidentifikasi seberapa cepat operasi caesar cito akan berlangsung. Hal tersebut bahkan tergantung dengan alasan mengapa seorang ibu harus menjalani operasi caesar.

Ada beberapa kategori urgensi untuk operasi caesar, yakni, Kategori 1 - Ancaman terhadap kehidupan ibu atau bayi, Kategori 2 - Adanya masalah yang mempengaruhi kesehatan ibu dan/atau bayi tetapi tidak mengancam jiwa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)