5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif

Kamis, 30 Desember 2021 - 04:36 WIB
loading...
5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif
Selain membaca buku atau literatur lain, menyaksikan film adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari sejarah Jepang. Foto/Imdb.com
A A A
JAKARTA - Selama ini Jepang terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang kental akan budaya dan sejarahnya, mulai dari zaman Samurai, kekaisaran, hingga Perang Dunia.

Buat Anda yang tertarik dengan kebudayaan dari Negeri Matahari Terbit itu, selain membaca buku atau literatur lain, menyaksikan film adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari sejarah mereka. Apalagi industri perfilman Jepang juga memiliki segudang karya yang menampilkan sejarah bangsanya.



Berikut lima rekomendasi film tentang sejarah Jepang yang seru dan edukatif.

1. Ran (1985)

5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif


Merupakan sebuah film sejarah karya sutradara Akira Kurosawa yang bercerita tentang peperangan zaman Kekaisaran Sengoku, yang kala itu sering berkecamuk perang saudara. Film ini dianggap menjadi salah satu film sejarah Jepang terbaik yang mampu memberikan penggambaran sempurna dan klasik dari periode Sengoku.

Ran menceritakan kisah yang terjadi di periode tahun 1493 hingga 1573, di mana saat itu kaisar yang berkuasa memutuskan untuk membagi wilayahnya kepada ketiga putranya. Taro dan Jiro, anak tertua dan kedua, setuju dengan rencana ayah mereka. Tetapi putra bungsunya, Saburo, mengatakan sebaliknya, meragukan bahwa saudara-saudaranya akan menjaga tanah itu tetap bersatu.

Karena itu, Saburo dibuang oleh ayahnya. Namun ketika ayahnya pensiun, Taro dan Jiro yang egois malah menyebabkan perang di negeri itu. Saburo pun harus kembali tepat waktu untuk menyelamatkan ayah dan kerajaannya.

2. The Twilight Samurai (2002)

5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif


Film yang mengambil setting era kekaisaran tahun 1868, yakni selama era Perang Saudara Bakumatsu. Ini adalah film yang mencerminkan kehidupan Samurai kelas bawah beberapa tahun sebelum kejadian Restorasi Meiji yang legendaris itu.

The Twilight Samurai menceritakan Seibei, seorang duda dan Samurai kelas bawah yang bekerja sebagai pegawai negeri untuk menghidupi kedua putrinya. Rekan-rekannya mengejek Seibei dengan memanggilnya Tasogare (Twilight), karena ia memilih untuk langsung pulang setelah bekerja daripada minum-minum dengan Samurai lain.

Hidupnya berubah ketika cinta pertama masa kecilnya, Tomoe, kembali ke kota mereka. Tomoe, yang bercerai dari suaminya yang pemabuk, bergaul dengan putri-putri Seibei. Seibei sekarang dihadapkan pada masalah yang saling bertentangan yang melibatkan pekerjaan, keluarga, dan kehidupan cintanya.

Film ini dijamin seru dan edukatif, dengan bukti banyak penghargaan serta nominasi di antaranya adalah nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards atau Piala Oscar ke-76, dan 12 penghargaan dari Japanese Academy Awards.

3. Always: Sunset on Third Street (2005)

5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif


Rekomendasi film sejarah Jepang terbaik berikutnya akan membawa Anda kembali ke Jepang tahun 1958. Ini memberi kita pandangan tentang ekonomi Jepang yang meningkat setelah kehancuran mereka pada Perang Dunia II. Cerita film ini juga terjadi pada saat pembangunan Tokyo Tower.

Always: Sunset on Third Street menceritakan kisah masyarakat Jepang yang beragam yang tinggal di masa itu, di mana masing-masing dari mereka memulai kehidupan baru.

Bukti kesuksesan film ini adalah mencapai posisi ke-15 di box office Jepang pada 2005 dan memenangkan 12 penghargaan dalam Japanese Academy Award 2006.

Always : Sunset on Third Street juga mendapat apresiasi penonton dan kritikus film pada 2006 dalam Festival Film Asia di New York.

4. Bubble Fiction: Boom or Bust (2007)

5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif


Film tentang sejarah budaya dan peradaban Jepang ini akan membawa kita kembali ke Jepang pada era 1990-an. Film ini memberi gambaran sekilas tentang kondisi Negeri Samurai itu selama tahun tersebut ketika mengalami bubble inflasi yang dahsyat.

Semuanya dimulai ketika seorang penemu bernama Mariko Tanaka merekonstruksi mesin cuci untuk perjalanan waktu. Pemerintah Jepang memaksa Mariko untuk kembali ke tahun 1990, demi menghentikan pengesahan undang-undang yang menyebabkan inflasi besar-besaran yang melanda negara itu.

Tidak ada film lain di antara film sejarah Jepang terbaik yang berhasil menggambarkan era gelembung Jepang seperti Bubble Fiction: Boom or Bust.

Perbedaan teknologi antara kedua generasi tersebut disorot dengan cara yang menyenangkan. Ditambah dengan penampilan cameo dari beberapa selebriti di tahun 90-an, menambah keseruan dan hiburan dalam menonton film ini.



5. Abacus and Sword (2010)

5 Rekomendasi Film tentang Sejarah Jepang Terbaik, Seru dan Edukatif


Kembali ke zaman sejarah kekaisaran Jepang, di mana Abacus and Sword akan membawa kita kembali ke Periode Restorasi Meiji khususnya selama hari-hari terakhir era Kaisar Edo.

Film ini menampilkan kisah Samurai kasta bawah dan keluarganya yang berjuang untuk melawan gempuran zaman. Alih-alih menggunakan pedang, ia memilih memakai kemampuan matematikanya untuk menyelamatkan rumah tangganya dari kebangkrutan.

Film ini mencerminkan banyak budaya dan sejarah Negeri Matahari Terbit itu pada saat Jepang bertransisi ke modernisasi ala barat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2565 seconds (0.1#10.140)