3 Jenis Seafood yang Bisa Sebabkan Asam Urat, Harus Dihindari!

Kamis, 30 Desember 2021 - 14:52 WIB
loading...
3 Jenis Seafood yang Bisa Sebabkan Asam Urat, Harus Dihindari!
Pengidap asam urat harus menjaga pola makan untuk membantu meredakan gejala penyakit tersebut. Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah seafood. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pengidap asam urat harus menjaga pola makan untuk membantu meredakan gejala penyakit tersebut. Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah seafood.

Seafood termasuk makanan tinggi purin yang dapat memicu organ hati memproduksi asam urat berlebih. Purin sendiri adalah bahan kimia yang ditemukan secara alami pada beberapa makanan. Saat mencerna purin yang terlalu tinggi, tubuh menghasilkan produk limbah yang disebut asam urat.

Baca Juga: 4 Buah Penurun Asam Urat, Bagus Dikonsumsi Rutin

Asam urat akan memasuki aliran darah, yang kemudian disaring oleh ginjal, dan dikeluarkan dalam bentuk cairan urine. Penyakit asam urat akan membuat pengidapnya mengalami gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Mengutip informasi dari laman Halodoc, Kamis (30/12/2021), beberapa jenis seafood atau makanan laut seperti ikan teri, sarden, tuna, dan kerang mengandung purin yang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan lain. Seperti diketahui, ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi dalam porsi sedang oleh pengidap asam urat. Ikan yang aman dikonsumsi misalnya salmon, lele, kakap merah, dan nila.

Beberapa ikan di bawah ini mengandung lebih dari 150 miligram purin per 100 gram, sehingga penderita asam urat dilarang untuk mengonsumsinya. Berikut ketiga ikan itu.



1. Ikan Sarden

Sarden merupakan salah satu ikan yang mengandung purin tinggi dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

Baca Juga: 5 Sayuran Pantangan bagi Penderita Asam Urat, Nomor 4 Mengandung Purin Sangat Tinggi
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3012 seconds (11.252#12.26)