Apakah Jeroan Menyebabkan Asam Urat? Ini Penjelasannya

Jum'at, 31 Desember 2021 - 16:34 WIB
loading...
Apakah Jeroan Menyebabkan Asam Urat? Ini Penjelasannya
Apakah jeroan menyebabkan asam urat? pertanyaan itu kerap dilontarkan bagi mereka memiliki yang khawatir asam uratnya kambuh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apakah jeroan menyebabkan asam urat ? pertanyaan itu kerap dilontarkan bagi mereka yang merasa khawatir penyakit asam uratnya kambuh usai mengkonsumsinya.

Jeroan dari sapi dan ayam, familiar dikonsumsi orang masyarakat Indonesia sehari-hari. Misalnya sebagai sate pendamping menu bubur ayam, camilan di tempat makan angkringan.

Konsumsi jeroan kerap dihubungkan dengan penyebab naiknya asam urat. Padahal, asam urat sendiri merupakan jenis radang sendi yang disebabkan oleh asam urat yang berlebihan di dalam darah.

Nah, kelebihan asam urat bisa memicu penumpukan cairan di sekitar sendi, yang dapat menyebabkan kristal asam urat. Pembentukan kristal inilah menyebabkan persendian membengkak dan meradang, sehingga mengakibatkan rasa sakit yang hebat.



Sepeti dikutip dari Healthline pada Jumat (31/12/2021) secara umum penyakit asam urat ditinjau secara medis oleh ahli diet klinis, Katherine Marengo LDN, R.D adalah suatu kondisi sudah terlalu banyak asam urat dalam darah.

Sehingga, saat mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, beberapa bagian tubuh langsung bereaksi karena terlalu banyak asam urat.

Disebutkan lebih lanjut, purin merupakan senyawa kimia yang dibuat atau dibawa oleh tubuh melalui makanan yang kita makan, lalu dipecah jadi asam urat ketika dimetabolisme.

Normalnya, purin terurai menjadi asam urat. asam uratnya adalah larut dalam darah, melewati ginjal ke dalam urin dan dihilangkan dari tubuh.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)