Andra Dewa 19 Ngaku Bukan Gitaris Jenius: Gue Cuma Andelin Kuping

Rabu, 05 Januari 2022 - 07:51 WIB
loading...
Andra Dewa 19 Ngaku Bukan Gitaris Jenius: Gue Cuma Andelin Kuping
Andra Ramadhan disebut-sebut sebagai seorang yang jenius dalam hal bermusik, khususnya bermain gitar. Foto/Instagram Andra Ramadhan
A A A
JAKARTA - Andra Ramadhan disebut-sebut sebagai seorang yang jenius dalam hal bermusik, khususnya bermain gitar. Itu berkat kemampuannya menghadirkan alunan musik yang enak dan unik.

Andra dikenal sebagai gitaris grup band Dewa 19 dan Andra and The Backbone. Disebut musisi jenius, Andra justru tak sepaham karena gitaris asal Surabaya ini mengaku tak mengerti sama sekali soal teori musik. Kemampuannya didapat dari proses belajar secara autodidak.



“Mungkin orang yang ngomong kayak gitu akan kecewa setelah tahu. Gue nggak sejenius itu sebenarnya. Bahkan gue kan karena autodidak, teori musik saja nggak tahu sama sekali. Chord juga gue nggak semua tahu namanya," ungkap Andra dalam konten YouTube One Day with Andra Ramadhan, dikutip Rabu (5/1/2022).

Gitaris bernama lengkap Andra Junaidi Ramadhan itu menjelaskan bahwa dalam membuat lagu, ia hanya mengandalkan kupingnya.

Andra mengaku, bingung apabila ditanya tentang kiat atau tips di balik kesuksesannya dalam menghadirkan lagu-lagu yang enak didengar.



"Gue cuma andelin kuping sih. Kalau memang enak di kuping, ya udah gitu. Jadi kalau ditanya kuncinya apa, nggak tahu," ucapnya.

Lama berkarier sebagai gitaris, Andra juga menyampaikan bahwa yang terpenting bagi seorang musisi adalah menjaga mood agar tidak bosan bermusik.

(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3557 seconds (0.1#10.140)