Fenomena Boneka Arwah di Kalangan Artis, Haramkah? Begini Tanggapan Ustaz

Kamis, 06 Januari 2022 - 10:10 WIB
loading...
Fenomena Boneka Arwah di Kalangan Artis, Haramkah? Begini Tanggapan Ustaz
Hadirnya fenomena boneka arwah di kalangan artis membuat heboh publik belakangan ini. / Foto: ilustrasi/Instagram Ivan Gunawan
A A A
JAKARTA - Hadirnya fenomena boneka arwah (spirit doll) di kalangan artis membuat heboh publik belakangan ini. Mereka tampak memperlakukan boneka layaknya seorang bayi manusia.

Hal tersebut mengundang beragam reaksi dari sejumlah kalangan, termasuk Ustaz Muri, yang berpendapat berdasarkan pandangan Islam .

Lantas apakah memiliki sebuah boneka haram dalam Islam? Menurut Ustaz Muri jika dalam tujuan tertentu, sebenarnya hal ini masih diperbolehkan.

Baca juga: Bertrand Antolin Tanggapi Fenomena Boneka Arwah dengan Cara Begini

"Dibolehkan. Kalau boneka dijadikan mainan untuk mengenalkan kepada anak tentang kasih sayang," ujar Ustaz Muri seperti dikutip dari sebuah tayangan video di YouTube, Kamis (6/1/2022).

Kendati demikian, Ustaz Muri mengingatkan, saat tujuan dari memiliki boneka sudah melenceng, pemilik boneka bisa berisiko mendapatkan dosa syirik.

"Seperti diperlakukan kayak manusia, bahkan katanya juga bisa diajak bicara, sehingga mereka berinteraksi dengan yang punya boneka itu sendiri. Nah itu menurut Islam termasuk dalam kategori syirik," terangnya.



Ustaz Muri juga menyampaikan tentang dosa syirik. Seperti yang diketahui, Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak akan mengampuni dosa syirik.

"Menyekutukan Allah itu dalam artian memang tidak menyembah Tuhan selain Allah, tetapi menyembah ciptaan yang menyerupai ciptaan Allah, itupun dikategorikan syirik," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)