Kacang yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Termasuk Kenari dan Almond

Kamis, 06 Januari 2022 - 16:26 WIB
loading...
Kacang yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Termasuk Kenari dan Almond
Kacang yang mengandung kolesterol tinggi cukup banyak. Namun yang paling penting untuk diketahui dan dihindari bagi penderita kolesterol. Foto/Ilustrasi/Webmd
A A A
JAKARTA - Kacang yang mengandung kolesterol tinggi cukup banyak. Namun yang paling penting untuk diketahui dan dihindari bagi penderita kolesterol hanya ada beberapa saja, mulai dari kenari hingga almond.

Kacang adalah salah satu makanan yang digemari masyarakat dunia. Kacang bisa menjadi camilan maupun diolah menjadi bahan makanan utama. Namun banyak yang menganggap bahwa kacang mengandung kolesterol tinggi dalam darah.

Merangkum dari Web MD, Kamis (6/1/2022), kacang mengandung banyak protein, serat, lemak tak jenuh tunggal yang sehat, vitamin, nutrisi, dan antioksidan. Dan banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kacang memiliki efek penurun kolesterol yang kuat.

Menurut laman Very Well Health, kacang seperti almond, pistachio dan walnut tinggi akan lemak tak jenuh atau dikenal lemak baik. Kacang memang dapat meningkatkan kolesterol, tapi kolesterol yang baik atau disebut high-density lipoprotein (HDL).



Selain itu kacang juga dapat menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). LDL disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat menyumbat arteri yang berujung pada risiko serangan jantung dan stroke.

Sementara kolesterol baik dapat membawa kolesterol jahat pergi dari arteri menuju hati manusia. Bisa disimpulkan dengan HDL yang tinggi dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Adapun jenis kacang-kacangan yang baik untuk tubuh, diantaranya:

1. Kenari

Menurut Juru Bicara juru bicara American Dietetic Association, Suzanne Farrell, MS, RD, kenari sangat bagus karena memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi dan tidak dimiliki oleh kacang lainnya.

Asam lemak omega-3 juga ditemukan pada ikan berlemak seperti tuna dan salmon. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam aliran darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)