3 Jenis Ikan Laut Penurun Kolesterol

Kamis, 06 Januari 2022 - 23:48 WIB
loading...
3 Jenis Ikan Laut Penurun Kolesterol
Ada banyak jenis ikan di pasaran, tetapi tidak semuanya baik untuk dikonsumsi, terutama oleh pengidap kolesterol tinggi. Foto Ilustrasi/Alchetron
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenis ikan di pasaran, tetapi tidak semuanya baik untuk dikonsumsi, terutama oleh pengidap kolesterol tinggi. Ikan yang diawetkan dengan tambahan garam seperti ikan asin atau ikan teri, termasuk jenis yang tak cocok dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Meskipun jenis ikan tersebut tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan garam dapat menaikkan tekanan darah yang akhirnya memicu hipertensi.



Banyak sekali makanan laut seperti cumi, udang, dan kepiting yang dianggap sebagai biang dari kolesterol tinggi. Maka itu, banyak masyarakat yang lantas menghindar mengonsumsi makanan laut. Padahal, justru ada beberapa jenis makanan laut yang bisa membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Ada berbagai jenis ikan yang tetap boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dikarenakan kandungan nutrisinya yang mampu menyehatkan tubuh.

Mengutip laman Mayo Clinic, Kamis (6/1/2022), ikan berlemak memiliki kadar asam lemak omega 3 tinggi yang dapat menurunkan kadar trigliserida (lemak dalam darah) dan tekanan darah.

Dilansir dari laman Hello Sehat, berikut jenis ikan yang boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

1. Tuna

Ikan tuna mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Di samping itu, ikan ini juga kaya kalsium, zat besi, kolin, dan folat.

Semua nutrisi yang ada di dalam ikan tuna dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Salah satunya adalah vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan omega 3 di dalam ikan tuna mencapai 1,11 gram per 100 gram, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)