Bau Kaki Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Jum'at, 07 Januari 2022 - 05:49 WIB
loading...
Bau Kaki Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai
Bau kaki merupakan gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Kondisi ini disebabkan oleh aterosklerosis di sepanjang arteri kaki sehingga menyebabkan PAD. Foto/Romper
A A A
JAKARTA - Bau kaki merupakan gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Kondisi ini disebabkan oleh aterosklerosis di sepanjang arteri kaki sehingga menyebabkan penyakit arteri perifer (PAD).

Hal tersebut membatasi aliran darah ke kaki, yang mengarah ke tanda-tanda peringatan. Pada tahap paling awal, ketika aliran darah terbatas hanya mulai melukai sel-sel saraf dan jaringan, gejalanya muncul pada saat-saat gerakan.

Dilansir dari Express, Jumat (7/1/2022) para ahli di National Library of Medicine menggambarkan gejalanya sebagai nyeri, pegal, kelelahan, terbakar, atau ketidaknyamanan pada otot-otot kaki, betis, atau paha.

Pada awalnya, gejala ini muncul hanya ketika berjalan menanjak, berjalan lebih cepat, atau berjalan untuk jarak yang lebih jauh. Gejala tersebut dengan cepat menghilang dalam hitungan menit saat istirahat, sehingga beberapa orang tidak mencari pertolongan medis.

Baca Juga: 3 Jenis Ikan Laut Penurun Kolesterol

Ini sangat disayangkan, karena gejalanya akan semakin memburuk, muncul lebih sering dari waktu ke waktu. Jika PAD sudah parah, kram muncul pada malam hari, jari-jari kaki mulai kesemutan, dan luka pada kaki tidak kunjung sembuh. Salah satu komplikasi penyakit PAD adalah gangren.

"Gangren adalah kematian jaringan tubuh karena kurangnya aliran darah. Salah satu tanda peringatan utama gangren adalah keputihan berbau busuk yang keluar dari luka yang mungkin ada di kaki," kata Mayo Clinic.

Tanda-tanda lain termasuk lecet, bengkak, dan kulit yang terasa dingin saat disentuh. Kemungkinan juga ada perubahan warna kulit, mulai dari pucat hingga biru, ungu, hitam, perunggu atau merah.

Rambut juga tidak lagi tumbuh di jari kaki, pergelangan kaki, atau tungkai, dan kulit tampak berkilau. Indikasi awal kolesterol tinggi sulit didapat, kecuali jika kadarnya sangat tinggi. Untuk menjaga kadar kolesterol , sebaiknya melakukan tes darah melalui dokter.

Baca Juga: 4 Sarapan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1577 seconds (10.101#12.26)