Sudah Divaksin, Kenapa Ashanty Diduga Positif Omicron? Begini Penjelasannya

Jum'at, 07 Januari 2022 - 11:30 WIB
loading...
Sudah Divaksin, Kenapa Ashanty Diduga Positif Omicron? Begini Penjelasannya
Ashanty dikabarkan positif terpapar Covid-19 varian Omicron, setelah liburan keluarga akhir tahun di Turki. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Penyanyi, Ashanty dikabarkan positif terpapar Covid-19 varian Omicron , setelah liburan keluarga akhir tahun di Turki.

Mengenai kabar tersebut, pihak Ashanty belum ada yang memberikan pernyataan. Namun, dari unggahan Instagramnya, Ashanty menjalani tes PCR setibanya di Jakarta, kemarin, 6 Januari 2022.

Tes tersebut wajib dilakukan siapa saja ketika baru pulang dari luar negeri. Termasuk juga karantina. Ashanty sendiri menjalani karantina di salah satu hotel di Jakarta.

Baca juga: Ashanty Dikabarkan Positif Omicron Usai Liburan dari Turki

Apabila memang benar dugaan Ashanty terinfeksi Omicron, tentunya bakal ada yang bertanya-tanya, kenapa orang yang sudah divaksin seperti Ashanty bisa tetap terinfeksi Omicron?

Seperti diketahui, Ashanty pernah menerima suntikan vaksin Nusantara pada April 2021. berarti tubuh istri Anang Hermansyah itu sudah memiliki antibodi Covid-19 yang dapat mengenali infeksi tersebut.

Baca juga: Begini Kondisi Ashanty yang Dikabarkan Positif Omicron Usai dari Turki

Namun, Omicron terbukti bisa tetap menembus pertahanan tubuh seseorang yang sudah divaksin Covid-19, bahkan penerima dua dosis. Ini dikarenakan karakteristik dari Omicron itu sendiri.

"Vaksin dikembangkan untuk bisa bekerja mengenali bagian tertentu dari virus. Itu kenapa vaksin dibuat harus spesifik supaya tidak bereaksi dengan virus lain atau malah bereaksi pada tubuh manusia sendiri," jelas Prof Amin, belum lama ini.

Yang jadi masalah di sini, bagian spesifik pada Omicron mengalami perubahan sangat banyak. Hal tersebut, akhirnya menyulitkan antibodi yang terbentuk karena vaksin mengenali virus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)