Mengenal Luk Thep Doll, Boneka Arwah yang Hebohkan Thailand 2015 Silam dan Kini Indonesia

Jum'at, 07 Januari 2022 - 18:14 WIB
loading...
A A A
Namun di Thailand, boneka digunakan untuk melakukan ritual yang ditahbiskan oleh para biksu untuk beribadah di bawah keyakinan bahwa hidup akan makmur.

“Boneka Lukthep sudah populer hampir setahun ini. Terkenal karena selebriti terkenal melakukan media Jadi penduduk desa berbondong-bondong untuk memberi mereka makan," kata Raja-Dechadul Nachariyangkun, pemilik Toko Boneka Luk Thep 'Baan Luk Thep'

Di masa lalu, hanya sekelompok pecinta boneka yang akan bermain. Tapi kemudian, boneka kosong dibawa ke Luang Por untuk melakukan mantra dan kemudian gunakan kata anak para dewa.

"Bahkan menjadi cerita baru di industri jimat," ujarnya.

Sejak demam Luk Thep Doll digandrungi publik Thailand, ratusan toko boneka Luk Thep terus bermunculan.

"Ada yang hanya jualan, urapan, atau tidak satu paket dari jualan, urapan, tata rambut, make up, baju, banyak candi, bahkan investasi sendiri yang berkaitan dengan boneka Luk Thep Doll," tuturnya.

Hampir sama seperti di Indonesia, fenomena boneka arwah ini semakin digemari setelah artis Thailand tanpa malu-malu membesarkan boneka Luk Thep.

Artis Thailand yang sempat membuat heboh publik yakni DJ Book Goh-Thanachaphan Buranachiwawilai dan Nong Wansai.

Bahkan mereka juga memberi nama boneka yang diadopsi itu dengan sebutan Hiso Manfah-Orapapat, Chandrasak dan Luk Thep yang bernama Nong Nanfa Kaschan-Jeera Phithakphontrakul dengan Nong Ta Wan.

Dari mulut itu ke mulut ini menyebar ke semua kalangan. Alhasil, fenomena boneka arwah di Thailand kala itu menjadi sebuah industri kreatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)