Yuk, Mari Mengenal BPA dan Apa Bahayanya bagi Kesehatan

Rabu, 10 Juni 2020 - 16:38 WIB
loading...
Yuk, Mari Mengenal BPA dan Apa Bahayanya bagi Kesehatan
Kandungan BPA ini biasanya sering dijumpai di sejumlah benda, seperti kemasan plastik, kemasan kaleng, dan mainan anak. / Foto: ilustrasi/thermalblog.co.uk
A A A
JAKARTA - Dalam kehidupan sehari-hari, istilah BPA (Bisphenol-A) mungkin sudah sering didengar. Bagi seorang ibu yang memiliki balita , pasti kerap menemukan klaim BPA Free atau bebas kandungan BPA dari suatu produk bayi . Lantas, apa sebenarnya BPA itu? Mengapa ada klaim BPA Free?

Menurut penjelasan dari laman resmi Mayo Clinic , BPA merupakan salah satu zat kimia industri. Biasanya BPA digunakan untuk produksi plastik dan resin. Zat kimia tersebut memiliki sifat beracun dan terindikasi dapat menyebabkan penyakit kanker. Oleh karenanya, sering muncul imbauan untuk tidak memanaskan makanan menggunakan wadah plastik yang mengandung BPA. Apabila hal itu terjadi, proses tersebut menyebabkan sejumlah zat kimia dari kemasan akan terlepas dan masuk ke dalam makanan.

(Baca juga: 5 Inspirasi Padu-Padan Gaun dengan Kets )

Berdasarkan situs khusus yang membahas BPA,factsaboutbpa.org, kandungan BPA ini dapat ditemukan di beberapa benda, seperti kemasan plastik, kemasan kaleng, dan mainan anak. Dalam kemasan plastik, BPA bisa terkandung dalam botol minuman, tempat makan, wadah penyimpan makanan dan lainnya. Setiap kemasan plastik memiliki kode resin berbentuk segitiga bernomor di bawah kemasan.

BPA biasanya ditemukan dalam plastik berjenis polyvinyl chloride (kode resin 3) dan polycarbonate (kode resin 7). Jika Anda memiliki kemasan plastik berkode tersebut, Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Agar lebih aman dan terhindar dari BPA, Anda bisa mulai mencari produk berlabel BPA Free atau Food Grade.

Selanjutnya, pada kemasan kaleng, ternyata BPA dapat ditemukan di kemasan tersebut. Hal ini bisa saja terjadi karena BPA dapat menempel pada lapisan epoksi. Lapisan epoksi sendiri banyak digunakan untuk produk makanan kaleng. Sedangkan pada mainan anak, BPA terkadang tidak lepas dari bahan plastiknya, sehingga pilihlah mainan yang aman untuk anak, terutama jika mainan tersebut bisa masuk ke dalam mulut.

(Baca juga: Pedoman Aman ketika Institusi Pendidikan Kembali Dibuka )

Lantas, apa saja bahaya yang ditimbulkan BPA? Dalam studi baru dari Washington State University yang dimuat di situs Science Daily ,BPA yang masuk ke dalam tubuh berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma bahkan mengubah fungsi imunitas tubuh. Tak hanya itu, BPA juga berdampak pada peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, kelainan organ hati dan gangguan perilaku pada anak kecil. Inilah mengapa banyak produk bayi yang memberikan klaim bahwa produk mereka bebas dari BPA.

Setelah mengetahui hal-hal penting terkait BPA, kini kita bisa menerapkan berbagai cara untuk menghindarinya. Mencegah BPA dapat dilakukan sedini mungkin mulai dari memperhatikan kode resin plastik yang akan digunakan sebagai kemasan, menggunakan kemasan plastik dalam kurun waktu tertentu dan tidak memanaskan makanan di dalam kemasan plastik.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2644 seconds (0.1#10.140)