7 Kebiasaan Makan yang Bikin Kolesterol Jahat Naik

Rabu, 12 Januari 2022 - 05:05 WIB
loading...
7 Kebiasaan Makan yang Bikin Kolesterol Jahat Naik
Kebiasaan makan bisa menyebabkan kolesterol jahat naik. Banyak orang mengetahui risiko terkait dengan memiliki kolesterol tinggi, termasuk risiko stroke. Foto/Eat This
A A A
JAKARTA - Kebiasaan makan bisa menyebabkan kolesterol jahat naik. Banyak orang mengetahui risiko terkait dengan memiliki kolesterol tinggi , termasuk peningkatan risiko stroke, namun sebagian tidak tahu bagaimana menurunkan atau mengelola kadarnya sehingga meningkatkan risiko untuk beberapa hasil yang tidak menyenangkan.

Sementara obat-obatan dan olahraga pasti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam beberapa kasus, pilihan makanan dapat memiliki dampak yang mendalam juga. Ada beberapa kebiasaan makan kurang jelas yang berdampak negatif pada kadar kolesterol yang dilakukan setiap hari.

Jika Anda mencoba mengelola kadar kolesterol melalui pilihan makanan, berikut adalah tujuh kebiasaan makan yang bisa membuat kolesterol jahat naik seperti dilansir dari Eat This, Rabu (12/1/2022).


1. Fokus Pada Jumlah Kolesterol di Label Makanan

Makan makanan rendah kolesterol dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Namun, ahli nutrisi Sarah Pflugrad, MS, RDN, CSCS mengatakan tidak ada cukup bukti mengurangi kolesterol makanan mempengaruhi kolesterol darah. Sebaliknya, dia menyarankan untuk fokus mengurangi lemak jenuh dan meningkatkan asupan serat untuk mengurangi kadar kolesterol.

"Faktanya, data seputar tautan ini sangat lemah sehingga rekomendasi ini tidak lagi dimasukkan dalam Pedoman Diet untuk Orang Amerika," ujar Sarah.

2. Diet Yo-Yo

Menurunkan berat badan, mendapatkan kembali, dan mengulangi pola ini lagi dan lagi dapat menyebabkan efek buruk yakni risiko kardiovaskular. Yang terbaik adalah mengikuti rencana pengelolaan berat badan berkelanjutan dan mentaatinya.

"Orang dewasa, terutama wanita, yang siklus beratnya melalui diet cenderung memiliki profil kolesterol baik dan kolesterol jahat yang lebih buruk menurut data NHANES bila dibandingkan dengan orang dewasa yang tetap stabil berat badannya bahkan pada bobot yang lebih tinggi," kata ahli nutrisi Cara Harbstreet, MS, RD, LD.

3. Makan Daging Berlemak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)