8 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga, Nomor 4 Paling Sering Dilakukan

Selasa, 11 Januari 2022 - 16:19 WIB
loading...
8 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga, Nomor 4 Paling Sering Dilakukan
Penyebab kolesterol tinggi sangat beragam. Bahkan salah satunya sering dilakukan sehari-hari. Namun sayang, tak banyak orang menyadari hal tersebut. Foto/Omega Via
A A A
JAKARTA - Penyebab kolesterol tinggi sangat beragam. Bahkan salah satunya sering dilakukan sehari-hari. Namun sayang, tak banyak orang menyadari hal tersebut. Padahal, kadar kolesterol yang tidak terkendali bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius.

Salah satunya penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Jika Anda memahami kebiasaan dan apa yang dapat mempengaruhinya, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk membantu mengelolanya. Lantas apa saja kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi?

Berikut penyebab kolesterol tinggi yang tak terduga dilansir dari WebMD, Selasa (11/1/2022).


1. Tidak Melakukan Tes

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, jadi penting untuk memeriksakannya. Jika Anda mengetahui ada masalah, diet, perubahan gaya hidup, dan pengobatan dapat membantu. Setelah usia 20 tahun, dokter akan melakukan tes darah sederhana setiap 4 hingga 6 tahun untuk memastikan berada dalam kadar yang sehat.

2. Malas Olahraga

Olahraga teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol kolesterol. Anda tidak perlu lari maraton, namun cukup 40 menit jalan kaki, berenang, bersepeda, atau menari tiga atau empat kali seminggu. Anda juga dapat membaginya menjadi 10 menit sepanjang hari dengan melakukan push-up, pull-up dan angkat beban.

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama dapat dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Kebiasaan ini juga menurunkan kolesterol baik, yang membantu menyingkirkan hal-hal buruk, dan meningkatkan kadar trigliserida. Jika bekerja di meja, cobalah untuk bangun dan bergerak setiap 30 menit, atau menggunakan meja berdiri.

4. Merokok
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)