Minuman Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh Lunturkan LDL hingga 7%

Senin, 10 Januari 2022 - 07:21 WIB
loading...
Minuman Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh Lunturkan LDL hingga 7%
Minuman penurun kolesterol tinggi sangat beragam. Salah satunya susu gandum yang dipercaya dapat melunturkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat hingga 7%. Foto/Health
A A A
JAKARTA - Minuman penurun kolesterol tinggi sangat beragam. Salah satunya adalah susu gandum yang dipercaya dapat melunturkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat hingga 7%.

Dilansir dari Express, Senin (10/1/2022) sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Review menyarankan bahwa mempertahankan asupan harian 3 g beta glukan dapat mengurangi kadar kolesterol total hingga 5%.%.

Studi yang sama menemukan bahwa kadar kolesterol jahat turun 7% pada tingkat asupan beta glukan yang sama. Beta glukan dapat ditemukan dalam gandum, dengan segelas 250 ml susu gandum mengandung 1 g nutrisi.


British Heart Foundation mencatat bahwa banyak pengganti susu termasuk susu gandum memiliki jumlah kalsium yang lebih rendah daripada susu hewani. Mereka merekomendasikan susu tanpa pemanis yang diperkaya dengan kalsium.

Manfaat kesehatan lainnya dibandingkan susu hewani adalah rendahnya kadar lemak jenuh. Pengganti susu lainnya telah dikaitkan dengan manfaat jantung, termasuk yang tidak mengandung beta glukan.

British Heart Foundation mengatakan bahwa protein kedelai, yang dapat ditemukan dalam susu kedelai, memiliki sifat penurun kolesterol yang serupa.


Sebuah tinjauan sistematis mengidentifikasi 25 g protein kedelai harian sudah cukup untuk mencapai 6% pengurangan kadar kolesterol jahat. Satu porsi 250 ml susu kedelai mengandung sekitar 8 g protein, namun susu kedelai lebih tinggi lemak dan proteinnya daripada susu gandum.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4313 seconds (0.1#10.140)