Benarkah Alat Tes Swab Covid-19 Mengandung Ethylene Oxide Pemicu Kanker? Cek Faktanya

Senin, 17 Januari 2022 - 10:10 WIB
loading...
Benarkah Alat Tes Swab Covid-19 Mengandung Ethylene Oxide Pemicu Kanker? Cek Faktanya
Alat tes swab Covid-19 dikabarkan mengandung ethylene oxide, bahan yang menyebabkan kanker. Ini dari pernyataan tenaga kesehatan yang viral di media sosial. Foto/SCMP
A A A
JAKARTA - Alat tes swab Covid-19 dikabarkan mengandung ethylene oxide, bahan yang bisa menyebabkan kanker . Kabar ini ramai usai pernyataan seorang tenanga kesehatan viral di media sosial .

Pernyataan itu sontak saja membuat masyarakat terkejut. Pasalnya selama pandemi Covid-19 , masyarakat diwajibkan tes swab untuk melakukan perjalanan.

Dikutip dari Instagram @faktacovid19.id, Senin (17/1/2022), ethylene oxide (EO) adalah suatu gas kimia yang sudah puluhan tahun digunakan untuk mensterilisasi alat-alat medis.

Bahan ini digunakan karena sangat efektif dalam membunuh mikroba tanpa merusak alat-alat medis tersebut. Ethylene oxide diklasifikasikan oleh Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat sebagai suatu zat yang bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga: 6 Obat Kolesterol Paling Ampuh, Nomor 2 Harganya Murah

Hal tersebut bisa terjadi apabila dalam kadar yang tinggi dan paparan yang lama. Banyak kasus terjadi pada petugas yang bekerja bertahun-tahun terpapar gas ini dalam jumlah lebih.

Penggunaan EO untuk sterilisasi alat medis sudah diatur secara ketat oleh lembaga berwenang disetiap negara dengan standarisasi internasional. Sisa bekas proses sterilisasinya sudah sangat sedikit sehingga aman digunakan oleh manusia.



Salah satu studi pada 2016 menunjukkan bahwa 3 minggu setelah proses sterilisasi, kadar EO tidak terdeteksi lagi di alat medis yang disteril menggunakan gas EO ini.

Kesimpulannya adalah alat tes swab Covid-19 yang disterilisasi dengan EO sudah sesuai dengan prosedur yang terstandarisasi secara internasional sehingga aman digunakan.

Baca Juga: Laporkan Kasus Kematian Pertama Omicron, Pemerintah Thailand: Pasien Itu Terbaring di Tempat Tidur
(dra)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2923 seconds (11.210#12.26)