Gejala Kolesterol Tinggi di Jari Kaki yang Bisa Ganggu Tidur

Selasa, 18 Januari 2022 - 12:18 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi di Jari Kaki yang Bisa Ganggu Tidur
Gejala kolesterol tinggi bisa muncul di jari kaki dan mengganggu tidur. Ini karena kolesterol tinggi secara konsisten mulai mempersempit arteri di kaki. Foto/Woman & Home
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi bisa muncul di jari kaki dan mengganggu tidur Anda. Ini karena kolesterol tinggi secara konsisten mulai mempersempit arteri di kaki sehingga memunculkan gejala.

Komplikasi kolesterol ini disebut penyakit arteri perifer (PAD). Menurut Harvard Health, saat arteri menyempit, kaki kekurangan darah bahkan saat istirahat.

Dilansir dari Express, Selasa (18/1/2022) salah satu tanda dari gejala ini adalah nyeri kaki dan jari kaki serta kesemutan yang dapat mengganggu tidur. Gejala lainnya termasuk luka di jari kaki, kaki atau tungkai yang tidak kunjung sembuh.


Perubahan warna kaki, rambut rontok atau pertumbuhan rambut lebih lambat di kaki, pertumbuhan kuku kaki lebih lambat, kulit mengkilap di kaki, tidak ada denyut nadi atau nadi lemah di kaki, disfungsi ereksi pada pria dan nyeri saat menggunakan lengan seperti kram saat merajut, menulis, atau melakukan tugas lainnya.

Berbeda dengan rasa sakit akibat bekuan darah, nyeri PAD dapat dikurangi dengan berdiri atau menggantung kaki di tepi tempat tidur untuk memaksa darah turun melalui arteri.

Untuk mencegah ancaman PAD dan komplikasi terkait kolesterol lainnya, langkah pertama yang paling penting adalah mendapatkan diagnosis kolesterol tinggi. Anda hanya dapat mengetahui apakah menderita penyakit ini melalui tes darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)