Kolesterol Menyerang Penderita di Banyak Negara, Ini yang Tertinggi

Kamis, 20 Januari 2022 - 16:32 WIB
loading...
Kolesterol Menyerang Penderita di Banyak Negara, Ini yang Tertinggi
Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun sering kali tidak disadari oleh seseorang. Foto Ilustrasi/Sunny College of Optometry
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun sering kali tidak disadari oleh seseorang. Pasalnya, kolesterol tinggi sama sekali tidak memiliki gejala, hingga seseorang mengetahuinya melalui cek darah.

Tubuh sejatinya membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi jika terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan di pembuluh darah. Ini tentu bisa membahayakan kesehatan jika terus dibiarkan.



Kolesterol sendiri ada yang berkategori 'baik' (dikenal dengan HDL), ada juga yang 'jahat' (LDL). Kolesterol baik memiliki efek perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke karena mampu membersihkan kelebihan kolesterol 'jahat'.

Masalah kolesterol saat ini mengancam masyarakat hampir di seluruh negara di dunia. Hal ini disimpulkan dari beberapa penelitian. Menurut data, sebanyak 102,6 juta orang dari 200 negara telah memeriksakan kadar kolesterol mereka selama periode waktu 39 tahun, dari 1980 hingga 2018.





Penelitian yang didanai oleh Wellcome Trust dan British Heart Foundation itu memberikan jawaban bahwa kolesterol tinggi bertanggung jawab atas sekitar 3,9 juta kematian di seluruh dunia. Sementara setengah dari kematian ini terjadi di kawasan Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Negara dengan Tingkat Kolesterol Tertinggi

Analis mengungkapkan bahwa negara-negara dengan tingkat pendapatan keseluruhan yang lebih tinggi serta sistem kesehatan yang berkinerja baik dan efisien cenderung memiliki tingkat kolesterol tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)