Kolesterol Menyerang Penderita di Banyak Negara, Ini yang Tertinggi

Kamis, 20 Januari 2022 - 16:32 WIB
loading...
Kolesterol Menyerang Penderita di Banyak Negara, Ini yang Tertinggi
Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun sering kali tidak disadari oleh seseorang. Foto Ilustrasi/Sunny College of Optometry
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun sering kali tidak disadari oleh seseorang. Pasalnya, kolesterol tinggi sama sekali tidak memiliki gejala, hingga seseorang mengetahuinya melalui cek darah.

Tubuh sejatinya membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi jika terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan di pembuluh darah. Ini tentu bisa membahayakan kesehatan jika terus dibiarkan.

Baca Juga: 4 Obat China untuk Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Paling Sering Dianjurkan

Kolesterol sendiri ada yang berkategori 'baik' (dikenal dengan HDL), ada juga yang 'jahat' (LDL). Kolesterol baik memiliki efek perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke karena mampu membersihkan kelebihan kolesterol 'jahat'.

Masalah kolesterol saat ini mengancam masyarakat hampir di seluruh negara di dunia. Hal ini disimpulkan dari beberapa penelitian. Menurut data, sebanyak 102,6 juta orang dari 200 negara telah memeriksakan kadar kolesterol mereka selama periode waktu 39 tahun, dari 1980 hingga 2018.

Baca Juga: Ini Perbedaan Kolesterol LDL dan HDL Serta Kisaran Angka Normalnya





Penelitian yang didanai oleh Wellcome Trust dan British Heart Foundation itu memberikan jawaban bahwa kolesterol tinggi bertanggung jawab atas sekitar 3,9 juta kematian di seluruh dunia. Sementara setengah dari kematian ini terjadi di kawasan Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Negara dengan Tingkat Kolesterol Tertinggi
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2344 seconds (10.101#12.26)