4 Kebiasaan Penyebab Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan

Selasa, 25 Januari 2022 - 05:05 WIB
loading...
4 Kebiasaan Penyebab Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan
Ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Kebiasaan buruk ini sering dilakukan sehari-hari hingga meningkatkan masalah kesehatan. Foto/Health Shots
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi . Tanpa disadari, kebiasaan buruk ini sering dilakukan sehari-hari hingga meningkatkan risiko munculnya masalah kesehatan serius seperti stroke hingga serangan jantung.

Padahal, kadar kolesterol harus dijaga agar tetap terkendali untuk memastikan kesehatan secara keseluruhan. Namun, banyak orang memiliki kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat melonjak.

Faktor-faktor tertentu, mulai dari pola makan hingga gaya hidup dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Berikut adalah empat kebiasaan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi dilansir dari Health Shots, Selasa (25/1/2022).



1. Kurang Gizi

Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan seperti susu, daging, dan makanan penutup yang manis, dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat. Kandungan lemak yang tinggi berkontribusi pada timbunan lemak di hati sehingga meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Selain apa yang Anda makan, apa yang tidak Anda makan juga penting.

Orang yang tidak mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin seperti kacang-kacangan, biji -bijian dan sayuran berdaun dalam makanan mereka juga rentan terhadap risiko terkena kolesterol tinggi.

2. Konsumsi Makanan Kemasan

Baik itu makanan beku siap masak atau makanan yang diawetkan, orang harus berhati-hati saat mengkonsumsinya karena kandungan pengawet yang ditambahkan untuk meningkatkan umur simpannya. Tidak membaca label makanan dapat menyebabkan Anda mengonsumsi makanan tinggi natrium dan lemak jenuh, yang akan meningkatkan kadar kolesterol.


3. Kurang Olahraga

Olahraga adalah saran paling dasar yang diberikan kepada orang yang berurusan dengan kadar kolesterol tinggi. Hal ini karena kurang olahraga dapat mengakibatkan kelebihan lemak tubuh, yang menambah timbunan lemak di hati. Ini menjadi faktor penyumbang peningkatan kadar kolesterol jahat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)