Jangan Panik, Begini Langkah Pertolongan Pertama saat Terjadi Serangan Jantung

Selasa, 25 Januari 2022 - 19:49 WIB
loading...
Jangan Panik, Begini Langkah Pertolongan Pertama saat Terjadi Serangan Jantung
Diperlukan tindakan yang cepat dan benar untuk menyelamatkan seseorang yang mengalami serangan jantung. / Foto: ilustrasi/thetrainingco
A A A
JAKARTA - Putri Nurul Arifin dan Mayong Suryo Laksono, Maura Magnalia Madyaratri meninggal dunia akibat serangan jantung pada Selasa (25/1/2022).

Berpulangnya Maura ini tentunya meninggalkan kepedihan yang mendalam. Pasalnya, gadis cantik itu mengembuskan napas terakhir di usia yang relatif muda, 28 tahun.

Ya, kepergian Maura ini cukup mendadak dan tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Nurul Arifin dan sang suami mengaku tidak ada peristiwa ganjil sebelum kematian putri tersayangnya tersebut.

Baca juga: Kenali 4 Gejala Awal Serangan Jantung seperti yang Dialami Putri Nurul Arifin

Maura bahkan terlihat baik-baik saja sebelum meninggal dunia. Dia malah sempat mengobrol bersama ayahnya, dan berkirim pesan dengan temannya sebelum ditemukan lemas tergeletak di ruang makan.

Sebagaimana diketahui, serangan jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang dapat menghilangkan nyawa seseorang dalam waktu hitungan menit.

Oleh karenanya, diperlukan tindakan yang cepat dan benar untuk menyelamatkan seseorang yang mengalami serangan jantung. Tentunya, mengetahui teknik menangani serangan jantung sangat penting untuk dipelajari agar memperbesar tingkat keselamatan seseorang.

Mengutip dari SJA, berikut 5 tips yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami serangan jantung.

1. Hubungi bantuan darurat segera dan beritahu mereka bahwa seseorang mengalami serangan jantung.

2. Bantu pindahkan pasien ke posisi yang nyaman. Posisi terbaik adalah di lantai, dengan lutut ditekuk dan kepala serta bahu ditopang. Anda juga bisa meletakkan bantal di belakang atau di bawah lutut mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2301 seconds (0.1#10.140)