5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:56 WIB
loading...
5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat
Salah satu cara turunkan kolesterol ala dr Zaidul Akbar adalah dengan minum air jahe. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi bisa memicu munculnya berbagai penyakit serius lainnya. Salah satunya adalah penyakit jantung.Menurut dr. Zaidul Akbar, kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh tak lepas dari makanan yang dikonsumsi. Tak heran bila ahli herbal ini selalu menekankan pentingnya pola makan untuk menjaga kesehatan.

"Mengapa kolesterolnya naik, maka jawabannya oh ternyata gara-gara banyak lemak yang dikonsumsi, karbo olahan yang dimakan, jarang buah jarang sayur, air putih kurang," ungkapnya di salah satu unggahan Instagram pribadinya.

Nah untuk menurunkan kolesterol jahat, berikut tips dari dr. Zaidul Akbar yang bisa Anda coba!

1. Puasa

5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat


Beberapa studi telah membuktikan bahwa puasa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah studi yang dimuat dalam American Journal of Applied Sciences tahun 2007. Studi tersebut dilakukan untuk mengevaluasi dampak puasa Ramadan terhadap profil lipid plasma dan glukosa serum pada sejumlah mahasiswa.

Hasilnya, studi tersebut menemukan bahwa puasa Ramadan terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh. Penurunan kadar kolesterol saat puasa tentu tidak didapat dengan mudah. Sebab, kondisi ini terjadi hanya jika Anda mengatur pola makan yang baik selama berpuasa.


2.Bekam

5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat


Bekam adalah metode pengobatan kuno yang sudah dipakai sejak zaman Yunani Kuno dan disebutkan dalam catatan medis Sanskerta ribuan tahun lalu. Bekam juga dipakai oleh ilmuwan kedoketeran Ibnu Sina.

Penelitian dilakukan BMC Medicine untuk mengetahui manfaat dari metode bekam. Merela melakukan penelitian terhadap 60 orang gemuk yang rutin melakukan bekam. Ternyata bekam bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Sementara itu, studi lain yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association juga menyebutkan orang yang mendonasikan darahnya setiap 6 bulan sekali lebih jarang terkena serangan jantung dan stroke.

3. Konsumsi Sayur Berserat Tinggi

5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat


Pola makan adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi kadar kolesterol seseorang. Menerapkan pola makan yang sehat sangat efektif untuk membuat kadar kolesterol tetap terjaga. Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi adalah sayur .

Kandungan serat yang umumnya tinggi pada sayur sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengubah apa yang Moms makanan setiap hari adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Ada banyak jenis sayuran penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi, eperti, bayam, kentang kacang polong, kacang panjang, lobak, brokoli, dan lain-lain.

4. Minuman Herbal

5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat


Konsumsi minuman herbal adalah salah tips yang selalu dianjurkan oleh dr. Zaidul Akbar. Beberapa mibuman herbal seperti jahe, jeruk nipis, dan kunyit terbukti ampuh untuk menggerus kolesterol jahat.

Jahe, misalnya sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Penelitian menunjukkan jahe bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida. Penelitian lainnya menemukan bahwa jahe bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda bisa memotong jahe atau membakarnya dan campur ke dalam segelas air hangat.

Kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda rebus 25 gram kunyit, 2 buah mengkudu, dan 15 gram - 30 gram daun dewa dengan 700 ml air. Anda rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan 300 ml air. Setelah mendidih, Anda saring dan minum ramuan herbal tersebut 2 kali sehari.



5. Pola Makan Rendah Karbohidrat

5 Tips Menurunkan Kolesterol ala dr. Zaidul Akbar, Mudah dan Ampuh Usir Lemak Jahat


Diet rendah karbohidrat dilaporkan memiliki keunggulan dibandingkan diet rendah lemak dalam hal menurunkan berat badan. Selain itu, menurut National Institutes of Health, diet rendah karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam jangka panjang.

Diet rendah karbohidrat cenderung menurunkan kadar trigliserida darah. Karena itulah kebanyakan dokter merekomendasikan pembatasan karbohidrat pada menu makanan pasien dengan trigliserida tinggi.

diet rendah karbohidrat cenderung meningkatkan kadar kolesterol baik. Kolesterol baik dalam darah berfungsi untuk membawa kolesterol berlebih ke organ hati untuk kembali dipecah.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)