4 Kebiasaan Buruk saat Muda yang Menyebabkan Sakit Kolesterol di Hari Tua

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:15 WIB
loading...
4 Kebiasaan Buruk saat Muda yang Menyebabkan Sakit Kolesterol di Hari Tua
Terdapat banyak kebiasaan buruk saat masih muda yang menyebabkan sakit kolesterol di masa tua. / Foto: ilustrasi/Insider
A A A
JAKARTA - Terdapat banyak kebiasaan buruk saat masih muda yang menyebabkan sakit kolesterol di masa tua. Kolesterol sendiri merupakan penyakit yang paling sering dialami seseorang, namun tidak bergejala.

Seseorang biasanya baru menyadari mengalami kolesterol tinggi setelah melakukan pemeriksaan darah. Apabila tidak segera ditangani dengan serius, kolesterol dapat menyebabkan komplikasi yang berujung pada serangan jantung dan stroke.

Jika seseorang mengidap kolesterol di usia tua, bisa jadi hal tersebut disebabkan akibat kebiasaan buruk yang dilakukan sejak muda. Tanpa disadari kebiasaan buruk tersebut menumpuk dan baru dirasakan dampaknya saat berada di usia tua.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 4 Sering Diabaikan

Menukil laman Very Well Health, Kamis (27/1/2022), berikut beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan menyebabkan kolesterol tinggi di usia tua. Yuk disimak!

1. Tidak Mengonsumsi Makanan Sehat



Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan atau gula halus dapat memengaruhi kadar kolesterol seseorang. Akibatnya kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat meningkat, sedangkan kadar kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik akan menurun.

The American Heart Association merekomendasikan hanya sekitar 5-6 % dari kalori harian seseorang harus berasal dari lemak jenuh. Gula halus dan lemak trans yang dimasukkan ke dalam berbagai makanan, termasuk kue kering, kue, dan keripik harus dibatasi atau dihindari sama sekali.

2. Memiliki Kondisi Medis Tertentu yang Tidak Terkendali
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2175 seconds (10.177#12.26)