5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 4 Sering Diabaikan

Kamis, 27 Januari 2022 - 12:47 WIB
loading...
5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 4 Sering Diabaikan
Hal yang harus dihindari setelah vaksin Covid-19 diantaranya minum alkohol, merokok dan aktivitas yang terlalu berat. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang harus dihindari setelah vaksin Covid-19 agar efek samping yang disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) tidak terlalu menganggu.

Sebagaimana diketahui, selama program vaksinasi hampir sebagian besar penerima vaksin Covid-19, mengalami gejala KIPI. Tak sedikit juga yang kebingungan dalam mengatasinya.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan atau dihindari setelah menjalani vaksinasi Covid-19? berikut 5 hal yang harus dihindari usai menerima vaksin Covid-19:

1. Hindari Minum Alkohol dan Rokok

Meskipun tidak ada studi ilmiah yang mengukur efek alkohol atau merokok terhadap vaksinasi, namun orang yang sudah divaksin disarankan untuk menghindari konsumsi tembakau atau alkohol.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Gejala Efek Samping Setelah Vaksin Covid-19, Nomor 3 Paling Sederhana

Sebab, hal itu dapat memperburuk efek samping vaksin dan membuat tubuh tidak enak. Selain itu, alkohol juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respons imun terhadap vaksin mungkin tidak efektif jika ada alkohol yang berlebihan di tubuh. Hal yang sama berlaku jika Anda merokok.



2. Jangan Berpikir vaksinasi Bikin Kebal Covid-19

Tidak ada vaksin yang memiliki tingkat keberhasilan 100 persen. Anda masih sangat mungkin tertular Covid-19 bahkan setelah divaksinasi. Akan tetapi, kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan.

Vaksin hanya melindungi Anda dari rawat inap, kematian, dan gejala serius. Meski demikian, Anda tetap bisa menjadi pembawa penyakit tanpa gejala (OTG) dan penting untuk tetap mengikuti perilaku 3M.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3403 seconds (11.252#12.26)