Wasiat Dorce Gamalama Soal Pemakaman Tuai Polemik, Begini Pandangan Ustaz Zacky Mirza

Selasa, 01 Februari 2022 - 11:19 WIB
loading...
Wasiat Dorce Gamalama Soal Pemakaman Tuai Polemik, Begini Pandangan Ustaz Zacky Mirza
Ustaz Zacky Mirza turut buka suara atas wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan layaknya seorang wanita ketika meninggal kelak. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ustaz Zacky Mirza turut buka suara atas wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan layaknya seorang wanita ketika meninggal kelak. Menurut sang ustaz persoalan mengenai hal ini sudah diatur dalam kajian fiqih.

Jika dipandang dari kacamata hukum Islam, Ustad Zacky Mirza mengatakan seseorang sudah sepatutnya untuk kembali sesuai kodrat masing-masing saat menghadap Sang Pencipta.

"Kita sudah pahami bersama bahwa semua ulama sepakat seorang muslim ketika meninggal prosesnya harus dikembalikan kepada kodrat aslinya," ujar Ustaz Zacky Mirza kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (1/2/22).

Meskipun demikian, Ustaz Zacky enggan memaksakan pendapatnya kepada Dorce. Bagi Ustaz Zacky tugas sesama muslim hanya saling mengingatkan.



"Tapi yang ingin saya sampaikan dalam hal ini adalah kita harus berpikir bahwa ketika nasihat sudah disampaikan dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, tinggal semuanya kembali pada yang bersangkutan," tambah Ustaz Zacky.

Pedakwah kondang itu menilai diusia Dorce yang sudah tak lagi muda, ia sudah paham apa yang terbaik untuk dirinya sendiri. Termasuk juga dalam hal mengambil keputusan kontroversial ini.

"Kita hanya bisa mendoakan aaja, ya mudah-mudahan apapun yang beliau pahami dan menegerti dari sisi hukum yang sudah disampaikan, biar itu menjadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah," kata Ustaz Zacky.

Tak lupa Ustaz Zacky mendoakan atas kesehatan pembawa acara talkshow 'Dorce Show' itu. Ia juga berharap Dorce dapat menanggapi nasihat ulama dengan bijaksana.

Pernyataan Dorce Gamalama belum lama ini menghebohkan publik hingga menuai pro-kontra. Saat menjadi bintang tamu di podcast Denny Sumargo, Dorce sempat berujar bahwa ia ingin dimakamkan sebagai seorang perempuan. Ya, Dorce memang terlahir sebagai pria dan kemudian mengubah kelaminnya menjadi perempuan pada tahun 1983 silam di Surabaya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)
pixels