6 Makanan untuk Penderita Gejala Virus Omicron, Nomor 4 Membantu Melawan Infeksi

Kamis, 03 Februari 2022 - 15:10 WIB
loading...
6 Makanan untuk Penderita Gejala Virus Omicron, Nomor 4 Membantu Melawan Infeksi
Makanan untuk penderita gejala virus Omicron banyak pilihannya. Namun yang benar-benar direkomendasikan karena sudah terbukti hanya beberapa saja, mulai dari Yogurt hingga Pasta Bolognese. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Makanan untuk penderita gejala virus Omicron banyak pilihannya. Namun yang benar-benar direkomendasikan karena sudah terbukti hanya beberapa saja, mulai dari Yogurt hingga Pasta Bolognese.

Jika Anda mengalami sederet gejala Omicron seperti hidung meler, bersin-bersin, sakit tenggorokan, kadang-kadang berkeringat di malam hari, sakit kepala, dan merasa kelelahan. Tentu rasanya susah dan tak bernafsu untuk makan.

Secara medis, seperti disebutkan Dr. Robert G. Lahita MD, Ph.D., direktur Institute for Autoimmune and Rheumatic Disease di Saint Joseph Health memang orang yang terinfeksi Covid-19 karena Omicron atau Delta, atau sekedar sakit influenza biasa memang jadi tidak terlalu punya nafsu makan.

“Apalagi dengan Omicron, yang membuat tenggorokan sakit. Saat minum cairan pun terasa sakit,” ujar Dr. Robert.



Sakit di tenggorokan ditambah tidak nafsu makan serta tubuh yang terasa sakit. Berikut enam jenis makanan yang disarankan Dr. Robert untuk dikonsumsi saat Anda mulai mengalami gejala Omicron, agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik. Merangkum Eat This, Kamis (3/2/2022) simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Yogurt
Salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan ketika mengalami gejala Omicron adalah yogurt. Lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan dan mengandung protein untuk membuat kita kenyang. “Makan yogurt dengan granola dan beberapa potong pisang kecil-kecil untuk mendapatkan potasium,” saran Dr. Robert.

2. Es Krim
Dr. Bob menyebutkan es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah turun ketika Anda sedang sakit tenggorokan yang parah. Makan es krim memberikan tubuh glukosa dan protein. Tapi ingat, makanan satu ini hanya untuk yang tak menderita diabetes ya!

3. Minuman Elektrolit
Cairan sangat penting, maka dari itu pastikan Anda mengonsumsi minuman atau cairan elektrolit, terutama jika mengalami diare dan muntah. Dengan asupan minuman elektrolit Anda tidak kekurangan kalium dan kadar natrium bisa tetap normal.

4. Sup dan Makanan Berkuah Kaldu
Sup dan makanan berkuah adalah easy meal, tipe makanan yang mudah masuk melewati tenggorokan dan benar-benar pengganti elektrolit yang bagus. Sup mengandung protein dan sayuran di dalamnya yang bisa membantu memberi tubuh beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat melawan infeksi.

5. Sayuran
Dr. Robert menyarankan untuk rajin mengonsumsi sayuran jenis seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel yang enak yang bernutrisi. Sehingga bisa memberikan asupan nutrisi yang kurang pada tubuh.

6. Pasta Bolognese
Ketika sudah mulai sembuh, nafsu makan sudah timbul lagi, Dr. Robert menyarankan untuk mencari makanan yang juga akan membuat kenyang dan meningkatkan protein, contohnya pasta bolognese (saus dengan daging). "Anda bisa makan sepiring pasta yang enak, menaikkan gula darah dengan perlahan tetapi tidak berlebihan," kata Dr. Robert.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)