Gejala, Penyebab, dan Cara Atasi Gangguan Depresi Mayor

Jum'at, 04 Februari 2022 - 04:40 WIB
loading...
Gejala, Penyebab, dan Cara Atasi Gangguan Depresi Mayor
Jika Anda sering merasa sedih, tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apapun, bahkan berpikir untuk mengakhiri hidup, jangan sepelekan perasaan tersebut. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Jika Anda sering merasa sedih, tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apapun, bahkan berpikir untuk mengakhiri hidup, jangan sepelekan perasaan tersebut karena mungkin saja Anda sedang mengalami gangguan depresi mayor.

Depresi mayor bukan sekadar kesedihan biasa. Jika Anda mengalami rasa sedih terus-menerus, segeralah konsultasi ke ahlinya untuk mendapatkan penanganan. Simak penjelasan terkait gejala, faktor penyebab, dan cara mengatasi gangguan depresi mayor.



Gejala Gangguan Depresi Mayor

Dilansir dari Alodokter, gejala utama depresi mayor adalah sering merasa sedih, sulit berkonsentrasi, tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apa pun, putus asa yang terus-menerus, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan gangguan tidur. Tak jarang, orang yang mengalami depresi mayor yang juga memiliki pemikiran bunuh diri atau kecenderungan mengakhiri hidup.

Penyebab Depresi Mayor

Hingga saat ini, penyebab pasti gangguan depresi mayor masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi tersebut. Kombinasi gen dan stress dapat mempengaruhi kimia otak dan mengurangi kemampuan seseorang untuk mengelola stabilitas suasana hati. selain itu, gangguan depresi mayor juga dapat dipicu penyalahgunaan alkohol atau narkoba, jenis obat-obatan tertentu dan kondisi medis tertentu, seperti kanker atau hipotiroidisme.



Cara Mengatasi Depresi Mayor

Depresi cenderung akan menetap dan bisa bertambah parah jika tidak ditangani secara tepat. Hal inilah yang kemudian berpotensi menyebabkan penderita depresi rentan mencoba bunuh diri, mengonsumsi alkohol berlebihan, atau menyalahgunakan narkoba. Anda bisa meredakan gejala depresi dengan melakukan mandi pagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)