Kolesterol Tinggi, 3 Tanda Peringatan di Kaki yang Berakibat Fatal

Sabtu, 05 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, 3 Tanda Peringatan di Kaki yang Berakibat Fatal
Kolesterol tinggi yang konsisten dapat menyebabkan komplikasi dan seringkali fatal. Dokter Rodney Foale mengatakan tiga tanda eskalasi ini dapat muncul di kaki. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi yang konsisten dapat menyebabkan komplikasi dan seringkali fatal. Konsultan Kardiologis di Harley Street Clinic, Dokter Rodney Foale mengatakan tiga tanda eskalasi ini dapat muncul di kaki Anda.

Dilansir dari Express, Sabtu (5/2/2022) sayangnya, kadar kolesterol jahat yang tinggi biasanya tidak disertai dengan gejala.

"Ini adalah faktor risiko tersembunyi, yang berarti terjadi tanpa kita sadari," jelas Foale.

Namun, jika tidak diobati, seiring waktu kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis. Ini merupakan kondisi di mana arteri tersumbat dengan zat lemak yang disebut plak, yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.


Hal ini dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius, yang menimbulkan banyak gejala yang meresahkan. Menurut Foale, proses aterosklerosis yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi yang konsisten terkadang dapat menyebabkan masalah serius dan seringkali fatal.

Iskemia ekstremitas kritis termasuk dalam kategori ini. Foale menjelaskan bahwa iskemia ekstremitas kritis terjadi jika aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas. Tiga tanda komplikasi kolesterol ini bisa muncul di kaki Anda.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan antara lain adalah berikut:

1. Rasa sakit terbakar yang parah di kaki yang berlanjut bahkan ketika sedang beristirahat.
2. Luka dan borok (luka terbuka) di kaki yang tidak kunjung sembuh.
3. Kulit pada jari kaki atau tungkai bawah menjadi dingin dan mati rasa, berubah menjadi merah dan kemudian hitam, atau membengkak dan menghasilkan nanah yang berbau, menyebabkan nyeri hebat (gangren).


Adapun tanda lain termasuk kulit menjadi pucat, berkilau, halus dan kering, dan hilangnya massa otot di kaki. "Jika Anda merasa mengalami gejala iskemia ekstremitas kritis, Anda harus segera menghubungi dokter umum untuk diagnosis," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)