Apakah Lele Mengandung Kolesterol? Ini Faktanya

Selasa, 08 Februari 2022 - 06:32 WIB
loading...
Apakah Lele Mengandung Kolesterol? Ini Faktanya
Ikan lele memiliki banyak kandungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Apakah lele mengandung kolesterol? Pada dasarnya, ikan memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Salah satu kandungannya dapat membantu menurunkan low density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat.

Ikan merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh. Berbagai macam kandungan dalam ikan seperti protein, vitamin, mineral, dan lain-lain.

Baca Juga: Mengenal Jelai, Makanan Lezat dan Bisa Menurunkan Kolesterol

Salah satu ikan favorit yang banyak disukai orang-orang adalah lele. Ikan lele kerap dikonsumsi lengkap dengan nasi putih hangat, lalapan, sambal, dan es teh yang menyegarkan. Sebuah perpaduan yang sangat pas untuk dinikmati.

Namun, apakah lele mengandung kolesterol?

Ikan lele memiliki banyak kandungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti protein, lemak, natrium, vitamin, zat besi, kalium, dan kolesterol sebesar 58 mg.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Penderita Gejala Virus Omicron, Nomor 4 Membantu Melawan Infeksi

Lele memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan omega 3 ini juga memiliki manfaat untuk melindungi sistem kardiovaskular dan jantung dari penyakit, serta mengurangi jumlah zat inflamasi dalam tubuh.

Ikan lele memiliki pula kandungan protein tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan sistem imunitas tubuh sehingga kita menjadi tidak mudah sakit. Kemudian, ikan lele memiliki manfaat mencegah anemia dengan kandungan vitamin B12 yang dimilikinya. Vitamin B12 akan membantu tubuh dalam pembuatan DNA, membentuk sel darah merah, dan memberi makan sel saraf.

Jadi, untuk pertanyaan "apakah lele mengandung kolesterol?" dapat dijawab bahwa ikan ini mengandung kolesterol, tetapi bukan kolesterol jahat yang akan merusak tubuh, melainkan yang membawa dampak baik bagi tubuh untuk kesehatan jantung, persendian tubuh, hingga stimulan otak.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1209 seconds (11.97#12.26)