Sakit Punggung Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi, Waspada!

Selasa, 08 Februari 2022 - 09:19 WIB
loading...
Sakit Punggung Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi, Waspada!
Studi menyelidiki hubungan sakit punggung dan kolesterol tinggi. Di mana kolesterol jahat tinggi dan kolesterol baik rendah terkait dengan nyeri punggung. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Sebuah studi menyelidiki hubungan antara sakit punggung dan kolesterol tinggi . Di mana telah menemukan bahwa rasio kolesterol jahat tinggi dan kolesterol baik rendah secara signifikan terkait dengan nyeri punggung bawah.

HDL (high density lipoprotein) secara luas disebut sebagai kolesterol baik karena menghilangkan LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat dari tubuh, mencegahnya menyumbat arteri.

Dilansir dari Express, Selasa (8/2/2022) arteri yang menuju ke punggung bawah adalah yang pertama di tubuh yang menumpuk plak dan menunjukkan tanda-tanda penyumbatan.

Berkurangnya aliran darah ke belakang dapat melemahkan cakram yang melindungi tulang belakang dan menyebabkan cakram hernia yang menyakitkan dan saraf terjepit.


Menurut penelitian, orang yang menderita sakit kronis jauh lebih mungkin mengalami penyumbatan arteri lumbal dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami sakit punggung.

Tetapi komplikasi yang terkait dengan penyumbatan arteri paling sering terkonsentrasi di kaki dan dada. Ini karena otot-otot di tungkai membutuhkan volume oksigen yang lebih tinggi sebagai akibat dari aktivitas fisik yang lebih besar.

Penyumbatan yang terjadi di dada secara medis disebut sebagai angina. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kiri dada, dan memerlukan perhatian medis segera.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)