Gejala Omicron yang Harus Diwaspadai, Ini Daftarnya!

Rabu, 09 Februari 2022 - 05:43 WIB
loading...
Gejala Omicron yang Harus Diwaspadai, Ini Daftarnya!
Gejala Omicron harus diwaspadai. Menurut para ahli, Omicron dikatakan memiliki tingkat infektivitas yang tinggi dan varian Covid-19 ini sangat ringan. Foto/News18
A A A
JAKARTA - Gejala Omicron harus diwaspadai. Menurut para ahli, Omicron dikatakan memiliki tingkat infektivitas yang tinggi. Namun, studi pendahuluan telah menunjukkan bahwa varian Covid-19 ini sangat ringan.

Dilansir dari Times of India, Rabu (9/2/2022) gejala seperti demam ringan, tenggorokan gatal, nyeri tubuh yang ekstrem, keringat malam, muntah, dan kehilangan nafsu makan merupakan gejala Omicron dan harus diwaspadai.

Sebelumnya, Dr Angelique Coetzee, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, yang juga orang pertama yang menemukan Omicron di Afrika Selatan, mengatakan bahwa pasien yang didiagnosis dengan Omicron tidak menunjukkan tanda-tanda kehilangan indra penciuman dan atau indra perasa.

Selain itu, di antara pasien Omicron yang terinfeksi, tidak ada kasus hidung tersumbat, atau suhu tubuh yang sangat tinggi. Gejala ini menjadi pembeda besar antara Omicron dan Delta. Selain itu, temuan terbaru juga mencatat dua gejala Omicron yang paling banyak dilaporkan pada pasien.




Menurut laporan terbaru oleh The Sun, dua gejala utama omicron adalah pilek dan sakit kepala. Irene Peterson, Profesor Epidemiologi dan Informatika Kesehatan di University College London, mengatakan bahwa pilek dan sakit kepala bisa menjadi gejala dari banyak infeksi lain, tetapi juga bisa menjadi gejala Covid-19 atau Omicron.

Menurut dokter, sekitar 20 gejala Omicron telah dilaporkan, di antaranya pilek dan sakit kepala adalah yang paling umum. Dia menyarankan pasien yang menderita gejala-gejala ini untuk tidak menganggapnya sebagai pilek biasa, melainkan segera melakukan tes swab.

Studi ini juga menyoroti lima gejala menonjol lainnya dari Omicron seperti pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin dan sakit tenggorokan. Selain itu, menurut aplikasi studi gejala COVID ZOE Inggris, keringat malam, kehilangan nafsu makan, dan muntah adalah beberapa gejala tidak biasa yang dicatat pada pasien.

Jika Anda mengalami salah satu atau sebagian besar gejala Omicron yang disebutkan di atas, jangan anggap itu sebagai pilek atau flu. Sebaliknya, segera melakukan tes swab dan tetap menjalani isolasi sampai hasilnya keluar. Jika Anda positif Omicron, lanjutkan isolasi diri Anda.


Pantau gejala, kenakan masker setiap saat dan jangan berbagi peralatan pakaian dengan orang lain. Pastikan Anda membersihkan tangan dan menjaga kebersihan lingkungan juga.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)