Habis Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Langsung Lakukan 5 Hal Ini!

Rabu, 09 Februari 2022 - 19:30 WIB
loading...
Habis Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Langsung Lakukan 5 Hal Ini!
Dokter Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah Covid-19. Foto/Tangkapan Layar YouTube
A A A
JAKARTA - Lonjakan angka harian kasus positif Covid-19 sudah menembus lebih dari 37 ribu. Ini artinya, semakin banyak orang yang positif maka semakin banyak pula orang yang terdeteksi sebagai kontak erat dengan pasien positif .

Jika tak sengaja kontak erat dengan pasien positif, hal apa saja yang harus dilakukan? Seperti apa step-step antisipasinya?



Sebagaimana dijelaskan dr. Reisa Broto Asmoro sebagai Juru Bicara Pemerintah Covid-19 dalam siaran langsung Update Covid-19 di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/2/2022), berikut lima hal yang harus dilakukan setelah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

1. Isoman

Paska kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif, bukan menuju tempat tes swab. Tapi, langsung karantina mandiri di rumah.

2. Tes Swab

Setelah karantina mandiri, dalam 1 x 24 jam Anda bisa melalukan tes swab. Baik itu antigen ataupun tes PCR.





3. Jika Hasil Tes Positif

Jika hasil tesnya positif, maka segera lanjutkan isolasi mandiri di rumah dengan dipantau layanan telemedisin atau puskesmas. Ikuti anjuran vitamin dan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, apabila muncul gejala segera mungkin periksa diri ke dokter, pastikan diri terpantau selama masa isoman.

4. Jika Hasil Tes Negatif

Jika hasil tes swab pertama hasilnya negatif, jangan langsung anggap diri tidak tertular. Sebaiknya tetap karatina mandiri sambil memantau gejala yang timbul.

5. Tes Swab Kedua

Selanjutnya, lakukan pengulangan tes kedua di hari kelima isoman. Jika hasil tes kedua sudah negatif, maka tak perlu lagi melanjutkan isoman. Sebaliknya, jika hasil tes kedua masih positif, maka lanjutkan isoman dengan panduan yang sama seperti sebelumnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)