Pentingnya Vaksinasi untuk Anak di Tengah Kasus Omicron Melonjak

Rabu, 09 Februari 2022 - 14:32 WIB
loading...
Pentingnya Vaksinasi untuk Anak di Tengah Kasus Omicron Melonjak
Vaksinasi menurunkan risiko terkena dan menyebarkan virus corona baru penyebab Covid-19. Dalam uji klinis Pfizer, dua dosis vaksin terbukti 95% efektif mencegah Covid-19. Foto/dok resmi
A A A
JAKARTA - Vaksinasi menurunkan risiko terkena dan menyebarkan virus corona baru penyebab Covid-19. Dalam uji klinis besar Pfizer, dua dosis vaksin terbukti 95% efektif mencegah kasus Covid-19, menurut hasil yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine. Dua dosis vaksin Moderna terbukti efektif 94,1%.

Sadar akan pentingnya vaksinasi, YCAB Foundation mengadakan kegiatan vaksinasi massal bagi anak usia 6 hingga 11 tahun bertajuk i-SERVE Vaccine Roadshow Jawa Barat. Kegiatan yang telah berjalan sejak akhir Desember lalu di sejumlah sekolah di Bekasi dan Bandung ini, didukung oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI).

Bentuk dukungan lain yang juga diberikan oleh PT. CPI adalah dengan menjadi relawan dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Sebanyak 30 karyawan dan keluarga PT. CPI antusias dan berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi di SDN Jatimakmur V dan SDN Jatirahayu VIII.

"Dengan turun langsung dalam program ini, saya dapat melihat secara langsung bagaimana para tenaga kerja kesehatan kita melaksanakan vaksinasi anak-anak secara profesional,” kata Senior Manager of commercial PT. CPI Teddy Abrian melalui siaran resminya, Rabu (9/2/2022).


Diharapkan melalui program kolaboratif ini, i-SERVE Vaccine dapat mendukung pencapaian target kekebalan populasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia.

“PT CPI sangat bersyukur dapat ikut serta sebagai relawan di lapangan untuk membantu tenaga kerja kesehatan dalam program vaksinasi anak di beberapa sekolah di Bekasi. Kami berharap, dengan adanya program i-SERVE Vaccine ini dapat membantu pemerintah Indonesia, khususnya Dinas Kesehatan setempat, dalam mencapai target vaksinasi murid-murid Sekolah Dasar," jelas Presiden Direktur PT. CPI Albert Simanjuntak.

“Ini merupakan kali pertama kami melihat perusahaan besar berpartisipasi secara langsung menjadi relawan dalam membantu melancarkan program vaksinasi sekolah. Tentunya, program ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam memutuskan rantai Covid-19, baik untuk murid-murid kami, maupun masyarakat umum yang lebih luas,” sambung Kepala Sekolah SDN Jatimakmur V, H. Dedi Supriyadi, S.Pd.

Hingga akhir Januari, i-SERVE Vaccine telah melayani lebih dari 25 sekolah di Jawa Barat dan telah memvaksinasi 10 ribu anak usia 6-11 tahun. Termasuk di dalamnya anak dengan disabilitas. Layanan vaksinasi bagi usia pelajar penting untuk dilakukan karena meningkatnya kasus Covid-19 di tengah penyelenggaraan pembelajaran tatap muka 100%.


Karena itu, YCAB Foundation, melalui i-SERVE Vaccine mengadakan layanan vaksinasi di sejumlah sekolah. Pendiri dan CEO YCAB Foundation Veronica Colondam mengungkapkan bahwa pendidikan adalah hak dasar setiap anak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun, pandemi Covid-19 semakin menghawatirkan khususnya bagi anak kurang mampu yang dapat merengut hak pendidikan mereka karena berbagai keterbatasan.

"Salah satu kendala yang mereka alami yaitu sulit mengikuti pelajaran yang disampaikan secara daring, karena harus menunggu giliran untuk menggunakan gawai atau gadget. Selain itu interaksi sosial yang penting dalam tahap pertumbuhan anak seperti bermain, juga hampir hilang. Tak heran jika banyak orang tua murid dan guru yang ingin sekolah tatap muka terus tetap dijalankan," ungkap Veronica.

Layanan i-SERVE Vaccine bagi anak usia 6-11 tahun ini dapat terwujud dengan kerjasama berbagai pihak. Di antaranya pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah Kota Bandung serta Bekasi. Diharapkan melalui kegiatan ini target vaksinasi nasional bagi anak usia 6-11 tahun yang mencapai 26 juta jiwa dapat segera tercapai.

Tak hanya layanan i-SERVE Vaccine, PT. CPI dan YCAB Foundation juga bekerjasama menyediakan gudang penyimpanan persediaan peralatan medis untuk respon krisis guna mendukung Kementerian Kesehatan. Pelatihan Manajemen Gudang juga diberikan oleh PT. CPI dan YCAB Foundation kepada pegawai Kementerian Kesehatan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)