5 Film Indonesia yang Masuk Oscar, yang Terakhir Pakai Bahasa Tegal

Kamis, 10 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
5 Film Indonesia yang Masuk Oscar, yang Terakhir Pakai Bahasa Tegal
Film Turah pernah mewakili Indonesia di ajang Academy Awards ke-90 pada 2017. Foto/Fourcolours
A A A
JAKARTA - Film Indonesia yang masuk Oscar mempunyai kualitas yang dianggap mampu mengharumkan nama bangsa di mancanegara. Beberapa film pernah diajukan sebagai perwakilan Indonesia di ajang penghargaan internasional bergengsi tersebut.

Indonesia sendiri telah mengirimkan film untuk nominasi Academy Awards for Best Foreign Language Film sejak 1987. Saat itu, film Indonesia yang menjadi perwakilan adalah Naga Bonar garapan sutradara MT Risyaf. Namun sayang, film ini belum masuk ke daftar nominasi Oscar.

Baca Juga: Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Ini 5 Rekomendasinya

Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia kembali mengirimkan film-film terbaiknya. Apa saja? Berikut 5 daftar film Indonesia yang pernah mewakili Indonesia di ajang Academy Awards, seperti dirangkum pada Rabu (9/2/2022).

1. Yuni



Film Indonesia terbaru yang mewakili Indonesia di Academy Award ke-94 tahun 2022 yakni Yuni. Yuni adalah film drama Indonesia tahun 2021 yang disutradarai dan ditulis oleh Kamila Andini.

Film ini telah tayang di sejumlah festival film mancanegara. Mulai dari Festival Film Internasional Toronto hingga Festival Film Internasional Busan. Namun, diketahui, Yuni belum dapat masuk sebagai nominasi Oscar.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Minim Dialog, tapi Tetap Menarik dan Penuh Makna

2. Perempuan Tanah Jahanam
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2235 seconds (11.210#12.26)