Penyebab Asam Urat Seperti yang Diidap Younky Soewarno

Jum'at, 11 Februari 2022 - 19:43 WIB
loading...
Penyebab Asam Urat Seperti yang Diidap Younky Soewarno
Penyebab asam urat seperti yang diidap Younky Soewarno penting untuk diketahui. Younky disebut sempat mengeluh asam urat tinggi sebelum meninggal dunia. Foto/Instagram @laurensialinas
A A A
JAKARTA - Penyebab asam urat seperti yang diidap Younky Soewarno penting untuk diketahui. Younky disebut Dewa Budjana sempat mengeluh asam urat tinggi sebelum meninggal dunia .

Dilansir dari Healthline, Jumat (11/2/2022) asam urat merupakan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh dan umumnya memengaruhi kondisi kesehatan kaki.

Dokter penyakit dalam, Dr. Alana Biggers M.D., MPH menjelaskan bahwa asam urat yang menumpuk terlalu banyak di dalam darah ditimbulkan karena terjadinya pemecahan purin atau zat alami dalam sel mahluk hidup.

Selain pecahnya purin, asam urat juga bisa disebabkan oleh kondisi tertentu. Misalnya penderita mengalami gangguan darah dan metabolisme atau dehidrasi. Kondisi tertentu ini bisa membuat tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat.


Asam urat juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tinggi purin penghasil asam urat. Penyebab lainnya adalah masalah pada ginjal atau tiroid dan kelainan bawaan sehingga mempersulit tubuh untuk membuang kelebihan asam urat.

Secara medis ada enam kategori orang yang rentan mengalami asam urat. Pertama yakni pria lanjut usia atau perempuan pasca menopause. Faktor genetik pun berpengaruh, karena Anda berisiko mengidap asam urat jika memiliki orangtua, saudara kandung, atau anggota keluarga lain dengan asam urat.

Kategori berikutnya adalah peminum alkohol, pengonsumsi obat-obatan seperti diuretik dan siklosporin. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, atau sleep apnea.

Younky Soewarno meninggal dunia pada Kamis, 10 Februari 2022 pukul 23.40 WIB di usia 65 tahun. Kabar duka meninggalnya musisi senior ini pertama kali diterima melalui pesan yang beredar di awak media.


Jenazah Younky saat ini telah disemayamkan di rumah duka Jelambar, Jabar Agung, Grogol, Jakarta Utara. Rencananya, jenazah Younky akan dimakamkan pada Minggu (13/2/2022).
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)