Benarkah GERD Tidak Mengancam Jiwa? Ini Penjelasan Ahli

Minggu, 13 Februari 2022 - 09:06 WIB
loading...
Benarkah GERD Tidak Mengancam Jiwa? Ini Penjelasan Ahli
Meskipun GERD tidak mengancam jiwa secara langsung, penyakit ini dapat mengakibatkan beberapa komplikasi yang harus diwaspadai. Foto Ilustrasi/Ccendoscopy.com
A A A
JAKARTA - Meskipun Gastro Esophageal Reflux Disease ( GERD ) tidak mengancam jiwa secara langsung, penyakit ini dapat mengakibatkan beberapa komplikasi yang harus diwaspadai seperti peradangan pada saluran kerongkongan atau esofagus serta kanker esofagus. Apabila tidak diobati dengan tepat, GERD dapat menyebabkan kekambuhan dan komplikasi sehingga menurunkan kualitas hidup bagi penderitanya.

GERD adalah penyakit saluran cerna dengan gejala dan komplikasi yang mengganggu, yang diakibatkan oleh refluks atau naiknya isi lambung ke kerongkongan. GERD bisa disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter pada esofagus bagian bawah, sehingga tidak mampu menutup dengan baik. GERD ditandai dengan sensasi nyeri dan juga rasa terbakar (heartburn) pada dada, serta mulut terasa pahit.



Spesialis Gastroenterologi FKUIRSCM Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam , SpPD-KGEH, MMB, FINASIM menjelaskan, GERD merupakan penyakit yang tidak mengancam jiwa, namun apabila terjadi terus-menerus, diabaikan, dan tidak diobati dengan benar dapat menyebabkan iritasi serta peradangan pada dinding dalam kerongkongan (esofagus).

"Lama-kelaman ini akan menyebabkan luka kronis, penyempitan pada kerongkongan bawah, sampai terjadi kanker esofagus," kata Prof. Ari dalam webinar kesehatan belum lama ini.

Beberapa faktor risiko yang memang dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD, sebut Prof. Ari, adalah obesitas, hernia hiatal, kehamilan, pengosongan lambung yang terlambat, dan skleroderma. Selain itu, kekambuhan GERD juga dapat dipicu oleh beberapa aktivitas seperti merokok, mengonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus, makan di waktu yang terlalu larut, mengkonsumsi makanan yang berlemak atau digoreng, mengonsumsi minuman atau makanan berkafein, serta mengonsumsi obat tertentu seperti aspirin.



“Penanganan GERD yang tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi peradangan pada dinding dalam kerongkongan atau esofagus. Peradangan tersebut dapat menyebabkan munculnya luka hingga jaringan parut di kerongkongan sehingga penderita menjadi sulit menelan," jelas Prof. Ari.

"Kondisi ini juga memicu terjadinya esofagitis, striktur esofagus, dan barrett’s esophagus yaitu penyakit yang berisiko menimbulkan kanker esofagus. GERD dapat menyebabkan kematian apabila sudah terjadi perubahan striktur esophagus dan bertransformasi menjadi kanker esophagus,” lanjutnya.

Prof. Ari juga menjelaskan, helicobacter pylori (H. pylori) diketahui sebagai penyebab utama tukak atau luka di lambung. Bakteri tersebut terdapat di mukosa lambung dan pada permukaan epitel di antrum lambung. H. pylori dapat bertahan dalam suasana asam di lambung, kemudian terjadi penetrasi terhadap mukosa lambung, dan pada akhirnya bakteri ini berkolonisasi di lambung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)