Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Jum'at, 07 Januari 2022 - 12:11 WIB
loading...
Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung
Penderita asam lambung harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu kekambuhan. Penyakit asam lambung disebabkan naiknya asam dari lambung. Foto/Surgical Clinic
A A A
JAKARTA - Penderita asam lambung harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu kekambuhan. Penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya asam dari lambung ke kerongkongan.

Asam lambung atau dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) dipicu oleh iritasi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Saat kambuh, umumnya perut terasa perih, dada panas atau mulas, sering bersendawa, mual, muntah, dan batuk tanpa dahak.

Agar tidak sering kambuh, seseorang yang mengalami penyakit ini perlu menyesuaikan asupan yang dikonsumsinya dan menghindari makanan pantangan bagi penderita asam lambung. Meskipun asam lambung bukan penyakit yang mengancam jiwa, namun sangat menganggu aktiVitas sehari-sari.

Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam lambung dilansir dari Surgical Clinics pada Jumat (7/1/2022).


1. Makanan Asam

Makanan tertentu memiliki kadar asam alami yang tinggi. Ketika dikonsumsi saat perut kosong, makanan asam cenderung mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan gejala mulas atau refluks asam. Beberapa makanan asam ini termasuk buah-buahan, bawang putih, bawang merah dan tomat. Makanan yang menggunakan tomat dalam saus adalah penyebab lain gejala asam lambung.

Pizza, pasta, semur, dan sup cenderung memasukkan ketiga bahan ini. Buah jeruk adalah jenis lain dari makanan yang sangat asam. Jika ingin menghindari pemicu asam lambung, Anda harus menghindari konsumsi jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, dan nanas. Perlu diingat bahwa makanan ini tidak secara langsung menyebabkan asam lambung, tetapi sering menyebabkan gejala asam lambung dan mulas.

2. Makanan Tinggi Lemak

Ketika lemak masuk ke perut, memicu pelepasan hormon cholecystokinin (CCK), yang dapat menyebabkan lower esophageal sphincter (LES) rileks. Relaksasi kronis atau malfungsi LES adalah penyebab asam lambung. Dengan LES dibiarkan lebih terbuka, isi lambung dapat naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Makanan tinggi lemak di antaranya gorengan, susu murni, krim keju, cokelat, es krim, keripik kentang, mentega, keju, krim asam lemak jenuh, saus salad krim, saus, daging babi asap, sirloin, tulang rusuk, kulit ayam, sup krim, pudding, sosis, dan daging berlemak. Makanan yang digoreng juga sangat buruk karena kadar lemak jenuhnya tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)