8 Obat Batuk Kering yang Dijual di Apotek, Nomor Terakhir Banyak Manfaatnya

Selasa, 15 Februari 2022 - 08:40 WIB
loading...
8 Obat Batuk Kering yang Dijual di Apotek, Nomor Terakhir Banyak Manfaatnya
Obat batuk kering yang dijual di apotek banyak jenisnya. Namun yang populer dan dianggap ampuh hanya beberapa saja, mulai dari Vicks Formula 44 hingga madu. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Obat batuk kering yang dijual di apotek banyak jenisnya. Namun yang populer dan dianggap ampuh hanya beberapa saja, mulai dari Vicks Formula 44 hingga madu.

Seperti diketahui, batuk kering kerap kali menyebabkan reaksi lain di tenggorokan, seperti rasa gatal dan itu sangat tidak nyaman. Pada beberapa orang, kondisi tersebut bahkan menyebabkan susah berbicara karena terasa sakit.

Kondisi tersebut tentu mesti diatasi, terlebih jika sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Obat batuk kering pada umumnya mudah ditemukan di apotek dan harganya relatif terjangkau.

Nah, di artikel ini MNC Portal memberikan beberapa rekomendasi obat batuk kering yang bisa Anda beli di apotek. Berikut rekomendasinya:



1. Vicks Formula 44

Obat yang satu ini dijual bebas di pasaran. Anda bahkan bisa menemukan obat ini di minimarket, tak harus di apotek. Vicks Formula 44 adalah obat batuk kering karena mengandung Doxylamine suksinat 3mg dan Dekstrometorphan HBr 5 mg.

Obat ini diketahui tak hanya meredakan batuk kering, tetapi bisa meringankan flu yang biasanya menyertai batuk. Perlu diperhatikan, obat ini memiliki efek samping seperti mual, pusing, dan kantuk.

2. Actifed Plus Cough Suppressant

Obat sirup yang satu ini mengandung dekstrometorfan (DXM) yang merupakan jenis obat batuk kering. Kandungan tersebut bekerja di tubuh meredakan batuk dengan mengurangi aktivitas di bagian otak yang menyebabkan batuk.

3. Wood Sirup Antitussive

Obat batuk kering lainnya yang bisa Anda andalkan adalah Wood Sirup Antitussive. Obat ini mengandung diphenhydramine 12,5 mg dan Dextromethorphan HBr 7,5 mg.



Obat ini dipercaya dapat meringankan batuk akibat alergi. Meski begitu, ada efek samping yang harus diperhatikan dari obat ini, seperti pusing, muntah, dan sulit buang air besar.

4. Konidin

Beda dari obat batuk kering sebelumnya yang berbentuk sirup, kali ini Konidin adalah obat batuk kering berbentuk tablet. Obat ini mengandung Guaifenesin 100 mg, Chlorpheniramine maleate 2 mg, dan Dextromethorphan HBr 5 mg.

Selain untuk atasi batuk kering, obat ini dipercaya dapat mengatasi sakit asma, radang saluran pernapasan, hingga influenza.

Dextromethorphan di obat ini bekerja dengan menekan dorongan untuk batuk. Sementara itu, Chlorpheniramine bekerja menghambat kerja histamin atau senyawa yang memicu terjadinya alergi.

5. Siladex Antitussive

Obat batuk kering berikutnya adalah Siladex Antitussive. Obat ini diformulasi secara khusus mengatasi masalah batuk tidak berdahak atau kering.

Kandungan yang ada di obat ini antara lain Guaifenesin 50 mg dan Bromhexine HCl 10 mg. Selain dipercaya baik atasi batuk kering, obat ini tidak mengandung alkohol dan bebas gula sehingga cocok dan aman untuk penderita diabetes.

6. Bodrex Flu dan Batuk

Obat ini lebih terkenal sebagai pereda flu memang. Tapi, kandungan dextromethorphan yang ada di obat ini juga cukup efektif mengatasi batuk kering.

Bodrex Flu dan Batuk mengandung paracetamol 500 mg, dextromethorphan HBr 12 mg, dan phenylephrine HCl 10 mg. Karena kandungan itu, tidak heran obat ini bisa atasi flu, hidung tersumbat, hingga batuk kering.

7. Paramex Flu dan Batuk

Obat warung yang bisa Anda andalkan adalah yang satu ini. Ya, Anda bisa temukan obat ini tak harus di apotek, tetapi di warung pun bisa.

Obat ini mengandung dextromethorphan HBr 15 mg, paracetamol 500 mg, dan pseudoephedrine HCl 30 mg. Kandungan pseudoephedrine sendiri bekerja meredakan pembengkakan pembuluh darah dan melegakan saluran napas.

8. Madu

Selain obat-obat kimia di atas, Anda tentu boleh menambahkan bahan alami untuk suportif pengobatan batuk kering, salah satunya mengandalkan madu. Ya, bahan alami yang banyak manfaatnya ini dipercaya bisa meringankan batuk kering.

Madu mengandung zat antiradang dan antibakteri yang tinggi dan ini terbukti dapat mengurangi peradangan dan iritasi di tenggorokan yang mengakibatkan batuk kering.

Untuk mempercepat pemulihan, Anda bisa konsumsi madu 1-2 sendok secara langsung atau mencampurnya dengan secangkir air hangat, teh hangat, atau air lemon.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)