Tes Swab Negatif Covid-19, Kemenkes Sarankan Isolasi 5 Hari

Rabu, 16 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
Tes Swab Negatif Covid-19, Kemenkes Sarankan Isolasi 5 Hari
Kemenkes menyarankan masyarakat menjalani isolasi mandiri di rumah selama 5 hari meski hasil tes swab baik antigen atau PCR menunjukkan negatif Covid-19. Foto/ABC
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan masyarakat menjalani isolasi mandiri di rumah selama 5 hari meski hasil tes swab baik antigen atau PCR menunjukkan negatif Covid-19 . Hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa karena varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan itu memiliki masa inkubasi mencapai 14 hingga 21 hari.

"Kalaupun hasilnya negatif harus karantina karena ada masa inkubasi dari virus ini mungkin pada saat kita tes belum positif. Jadi karantina selama 5 hari dan lakukan tes kembali," kata dr Nadia baru-baru ini.

"Masa inkubasi virus sampai 14 hari bahkan ada yang 21 hari," sambungnya.




Gejala Omicron , dijelaskan dr Nadia bahwa biasanya muncul secara berbeda-beda pada setiap pasien. Menurut dr Nadia, ada pasien yang menunjukkan gejala 3 hari setelah terinfeksi tapi ada juga yang mengalami gejala pada hari ke-6.

"Jadi setelah 5 hari tertular baru hari ke 5 muncul gejala. Ada yang mengatakan setelah 3 hari tertular, gejala sudah mulai muncul," jelas dr Nadia.

Di sisi lain, dr Nadia mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk melakukan tes Covid-19, baik antigen atau PCR setelah kontak erat dengan pasien Omicron adalah sesegera mungkin.

"Segera tes jika kontak erat dengan orang positif Covid-19 agar mengetahui apakah positif atau tidak," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)