Demam karena Omicron Bisa Minum Obat Warung, Ini Saran Kemenkes

Selasa, 15 Februari 2022 - 17:46 WIB
loading...
Demam karena Omicron Bisa Minum Obat Warung, Ini Saran Kemenkes
Demam merupakan salah satu gejala Omicron. Menurut Kemenkes gejala ini dapat diatasi dengan minum obat warung yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Demam merupakan salah satu gejala Omicron selain sakit tenggorokan , batuk dan flu . Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) gejala ini dapat diatasi dengan minum obat warung yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan obat warung bisa digunakan untuk meredakan gejala Omicron . Namun, hal ini hanya berlaku untuk pasien gejala ringan atau tanpa gejala.

Pasalnya, dua pasien tersebut tidak membutuhkan obat antivirus selama isolasi mandiri. Sebagai gantinya, dr Nadia menyarankan minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan obat warung mengatasi gejala.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas kalau positif Covid-19 dan tidak bergejala adalah dengan minum vitamin. Vitamin bisa dibeli karena obat bebas," kata dr Nadia baru-baru ini.




"Kemudian obat penurun panas, obat yang berwarna hijau. Jadi bisa dibeli dengan bebas tidak perlu resep dokter," sambungnya.

Meski sudah minum obat tapi demam masih tinggi, dr Nadia mengimbau masyarakat untuk segera konsultasi ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat. Kondisi ini penting untuk mendapatkan penanganan segera mungkin.

"Obat warung hanya sifatnya obat bebas yang mungkin menghilangkan gejala. Kalau kemudian demamnya tidak turun, demamnya tambah berat, segera ke fasyankes," jelas dr Nadia.

"Itu akan menjadi pilihan terbaik," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)