Dubes RI Lisabon Cicipi Rendang dan Sate Lilit Buatan Siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Portugal

Rabu, 16 Februari 2022 - 08:18 WIB
loading...
Dubes RI Lisabon Cicipi Rendang dan Sate Lilit Buatan Siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Portugal
Siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Portugal sedang membuat sate lilit, salah satu menu yang disajikan kepada Dubes RI Lisabon. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dubes RI Lisabon Rudy Alfonso didampingi pejabat fungsi ekonomi serta penerangan, sosial, dan budaya KBRI Lisabon berkesempatan mencicipi kuliner Indonesia yang dihidangkan oleh siswa Escola de Hotelaria e Turismo de Lisboa (Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Lisabon). Kuliner yang dihidangkan itu adalah sate lilit, rendang , dan wingko babat.

Kegiatan food tasting ini bertajuk EHTL (Escola de Hotelaria e Turismo de Lisboa) TAKEOVER, yang merupakan kegiatan pengenalan kuliner mancanegara kepada siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Lisabon. Para siswa mendapat bimbingan dari mentor yang merupakan alumni dari sekolah tersebut, untuk mempelajari kuliner suatu negara, mulai dari racikan bumbu yang digunakan, proses pembuatan, hingga tahap penyajian.



Salah satu alumni Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Lisabon yang terlibat dalam EHTL TAKEOVER adalah Rici Amelia Quino, WNI di Portugal. Rici yang berprofesi sebagai chef di SOI Asian Street Food Restaurant memutuskan untuk memperkenalkan menu Indonesia secara komplet dari mulai makanan pembuka yaitu sate lilit, rendang sebagai makanan utama, dan wingko babat sebagai makanan penutup.

Dubes RI Lisabon Cicipi Rendang dan Sate Lilit Buatan Siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Portugal


Para siswa sangat antusias mengikuti kelas memasak yang diberikan oleh Rici, hingga para siswa berhasil menghidangkan menu masakan Indoneisa tersebut ke hadapan Duta Besar RI Lisabon yang diundang oleh Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Lisabon sebagai tamu kehormatan.



“Saya bangga kuliner Indonesia dapat dihidangkan dengan baik oleh siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Lisabon. Cita rasa yang disajikan sangat original, seperti makan di rumah,” ungkap Dubes RI Lisabon Rudy Alfonso.

Dubes RI Lisabon Cicipi Rendang dan Sate Lilit Buatan Siswa Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Portugal


Dubes Rudy juga merasa senang WNI di Portugal memiliki peran aktif yang sangat tinggi dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Portugal. Hal tersebut, katanya, patut diapresiasi dan KBRI Lisabon akan terus mendukung kegiatan positif seperti ini.

“Para siswa terkejut saat melihat cabai merah yang digunakan dalam proses pembuatan rendang cukup banyak. Mereka berpikir tidak akan sanggup memakannya, tetapi setelah mencoba, mereka sangat suka dengan cita rasa rendang,” beber Rici, bercerita pada Dubes Rudy seraya tertawa.

Rici juga memiliki harapan agar kuliner Indonesia semakin dikenal di Portugal karena memiliki cita rasa yang kaya. Di restoran tempat Rici bekerja, rendang menjadi menu spesial yang dihidangkan setiap Rabu. Sementara nasi goreng menjadi salah satu menu yang digemari oleh konsumen.

Di samping itu, ruang makan yang digunakan untuk kegiatan food tasting juga telah didekorasi dengan payung khas Bali, wayang golek, dan kain batik untuk memberikan suasana rumah Indonesia. Sebelum kegiatan food tasting dimulai, Dubes RI Lisabon diajak berkeliling kampus oleh Direktur Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Lisabon Ana Moreira.

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah mulai banyak restoran Asia di Portugal yang menyajikan kuliner Indonesia. Menu yang sering dijumpai antara lain rendang, nasi goreng, bakmi goreng, sate ayam, dan gado-gado.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)