Ini Sejumlah Gejala pada Pasien Omicron, Termasuk yang Sudah Divaksin

Sabtu, 19 Februari 2022 - 21:13 WIB
loading...
Ini Sejumlah Gejala pada Pasien Omicron, Termasuk yang Sudah Divaksin
Penderita Covid-19 varian Omicron umumnya mengalami pilek ringan hingga gejala lebih parah. / Foto: ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penderita Covid-19 varian Omicron umumnya mengalami pilek ringan hingga gejala lebih parah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan penelitian organisasi lainnya mengungkapkan gejala lain yang ditemukan.

Menurut pakar penyakit menular WHO, Dr. Maria Van Kerkhove, orang yang terinfeksi Omicron bisa memiliki berbagai gejala apabila dibandingkan dengan varian Delta.

"Rata-rata, kita tahu bahwa risiko perlu rawat inap lebih rendah jika terinfeksi Omicron dibandingkan Delta, tetapi tidak berarti bahwa itu adalah penyakit ringan," ungkap Dr. Maria saat sesi tanya jawab tentang Covid-19 dan Omicron sub-varian BA.2 dengan Dr Abdi Mahamud, beberapa waktu lalu, seperti dilansir Livemint, Sabtu (19/2/2022).

Baca juga: Omicron Bergejala Ringan, tapi Kelompok Ini Berisiko Tinggi

Dr. Maria menambahkan, Covid-19 tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, yang lebih memprihatinkan pada gelombang yang diakibatkan Omicron adalah meningkatnya kematian dalam 5 minggu beruntun.

"Sebagian masyarakat, yang kita ketahui, telah meninggal (akibat Covid-19)," tegasnya.

Dalam laporan yang sama, disebutkan sejumlah gejala yang paling banyak dialami sebagian besar pasien Omicron. Beberapa di antaranya pilek, sakit tenggorokan, nyeri tubuh yang parah, kelelahan, dan sakit kepala parah.

Hal tersebut berdasarkan sebuah studi oleh aplikasi pelacak Zoe Covid yang berbasis di Inggris.

Lalu, gejala baru yang dilaporkan pada pasien Omicron yakni banyak orang mengeluhkan gejala gastrointestinal seperti diare, melewatkan makan dan sakit perut. Selain itu, ada laporan lebih sedikit kasus di mana orang yang terinfeksi menderita tiga gejala klasik Covid-19 yaitu batuk, demam, dan kehilangan penciuman.

Melihat hasil laporan tersebut, WHO menegaskan, ada perbedaan yang sangat signifikan pada individu yang divaksinasi dengan satu dosis, dua dosis dan yang sudah mendapat tiga dosis. Membuktikan ada pengurangan yang signifikan dari rawat inap dan kematian di antara mereka yang sudah divaksinasi.

"Ini dari Omicron, dari Variant of Concern lainnya, dan saya pikir itu salah satu faktor terbesar yang benar-benar penting untuk didengar orang di luar sana," ujar Dr. Maria.

Baca juga: Jabar Duduki Peringkat Pertama Penambahan Kasus Positif Covid-19

Dan, berikut daftar lengkap gejala yang terlihat pada pasien yang pernah divaksin, yakni pilek, sakit tenggorokan (tenggorokan gatal), bersin, sakit kepala, batuk, mual, nyeri otot, diare, dan ruam kulit.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)