Kaki Anak Selalu Dingin Tanda Gangguan Jantung? Cek di Sini Faktanya!

Senin, 21 Februari 2022 - 13:31 WIB
loading...
Kaki Anak Selalu Dingin Tanda Gangguan Jantung? Cek di Sini Faktanya!
Kaki dingin pada anak sebetulnya hal yang normal. Foto Ilustrasi/iStock/Liudmila_Fadzeyeva
A A A
JAKARTA - Kaki anak Anda selalu dingin meski suhu ruangan normal? Apakah Anda khawatir ada masalah serius yang dimiliki si kecil?

Kaki dingin pada anak, dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah di Heartology Cardiovascular Center dr Dicky Armein Hanafy, SpJP(K), sebetulnya hal yang normal.

Namun, orangtua kerap beranggapan itu menandakan adanya masalah serius di jantung si kecil. Padahal, kaki selalu dingin pada anak bukan selalu soal masalah kesehatan jantung.



"Kaki dingin banyak dialami anak-anak, khususnya anak yang tubuhnya terlalu kurus, tidak banyak bergerak, malas berolahraga karena lebih senang main game," terang dr Dicky dalam paparan Webinar kesehatan, belum lama ini.

Ia menjelaskan, kondisi tersebut perlu ditangani. Tapi, tidak kemudian merujuk pada masalah jantung .

"Periksakan ke dokter jika Anda sebagai orangtua merasa itu kelainan di tubuh si kecil. Tapi, tidak boleh overparno juga ya, terlebih jika suhu tubuh si anak masih normal," sarannya.



Di sisi lain, dr Dicky tak menampik bahwa ada masalah jantung bawaan pada anak yang ditandai dengan kaki atau tangan dingin. Tapi, seperti penjelasan sebelumnya, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosis.

"Kalau ditanya apakah itu tanda adanya kelainan jantung, kemungkinannya sangat amat kecil. Memang ada beberapa kelainan jantung bawaan yang bisa bikin tangan atau kaki dingin. Tapi, ya, harus diperiksa," terangnya.

Dokter Dicky menegaskan bahwa jika si kecil kakinya selalu dingin, itu tidak pasti dia mengalami masalah jantung. "Kebanyakan itu adalah hal yang normal saja. Jadi jangan terlalu khawatir," tambah dia.

"Pemeriksaan ke dokter anak adalah pilihan yang kami rekomendasikan. Nanti jika perlu akan dilakukan medical chekcup maupun penilaian tumbuh-kembang si kecil," saran dr Dicky.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)